Sukses

RI Jadi Bahan Hoaks Kirim Rudal dan Roket ke Wilayah Perang, Simak Kumpulannya

Berikut kumpulan hoaks seputar Indonesia mengirim roket dan rudal ke wilayah perang

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kerap dijadikan bahan hoaks terkait adanya konflik antar negara atau kelompok, salah satunya berupa pengiriman bantuan roket dan rudal.

Sejumlah hoaks seputar Indonesia mengiriman roket dan rudal ke wilayah perang pun telah diunggkap Cek Fakta Liputan6.com.

Berikut kumpulan hoaks seputar Indonesia mengirim roket dan rudal ke wilayah perang.

Video Prajurit dan Roket akan Dikirim Presiden Jokowi ke Palestina

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Oktober 2023.

Unggahan klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina menampilkan sejumlah kendaraan yang mengangkut alat utama sistem pertahanan atau alutsista, alat persenjataan dan alat transportasi air yang dinaiki sejumlah orang mengenakan baju hitam dan loreng melintasi jalan dengan latar belakang gedung bertingkat dia antaranya Kantor Bawaslu dan Kementerian Agama.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Presiden Jokowi Wododo akan kirim beberapa roket yang akan terbang ke Palestina maju terus untuk para prajurit TNI Indonesia yang aka berjuang bantu saudara Kita Palestina yang akan perag besar"

Benarkah klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Truk dari Indonesia Kirim Rudal Membantu Rusia

Sebuah video yang diklaim Indonesia sudah mengirimkan rudal untuk membantu Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Maret 2022.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, tampak sejumlah truk melewati sebuah jalanan. Truk itu mengangkut benda besar yang diklaim sebagai rudal.

"Indonesia sudah mengirimkan rudal rudalnya untuk membantu rusia," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 13 ribu kali ditonton dan mendapat 33 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu Indonesia sudah mengirimkan rudal untuk membantu Rusia? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Foto Ini Bukan Bukti Rudal Rusia Nyasar ke Indonesia

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia, menampilkan kendaraan jenis turk yang mengangkut benda berbentu tabung panjang lancip pada bagian ujung.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rudal sg wingi di Kirim Indonesia gawe

mbantu rusia lur,..

Kecelakaaan !!.. untung ae hulu ledak e wes

di jinakan ... slamet,, slamet slamett.- di Moscow Rusia."

Benarkah klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini