Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Penemuan Ratusan Makam Bayi di Perkebunan Ponpes Al Zaytun

Beredar video hoaks yang diklaim penemuan ratusan makam bayi di perkebunan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim penemuan ratusan makam bayi di perkebunan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 3 September 2023.

Akun Instagram tersebut mengunggah video yang diklaim penemuan makam bayi di Ponpes Al Zaytun. Video itu diberi narasi sebagai berikut.

"GEMPAR..!!!!

Ratusan Makam Bayi Ditemukan Pekerja Saat Bersih2 di Perkebunan Al Zayitun Indramayu"

Akun Instagram tersebut juga menuliskan narasi bahwa pihak kepolisian menemukan makam bayi yang diduga hasil aborsi satriwati Ponpes Al Zaytun, Indramayu.

"Fakta terbaru, beredar dimedia sosial pihak kepolisian kembali menemukan ribuan makam bayi yang diduga hasil aborsi santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu.

Usai dikabarkan adanya temuan ratusan tengkorak di Ponpes Al Zaytun, kini fakta baru mencengangkan terungkap di publik melalui media sosial.

Mengejutkan, usai ditemukan ratusan kerangka kini penyidik kepolisian menemukan kuburan bayi diduga hasil aborsi," ungkap narator.

Dikatakan narator dalam video, warga sempat dibuat heboh atas temuan ratusan kerangka manusia yang ditemukan pihak kepolisian dibelakang Ponpes Al Zaytun.

Warga sempat digegerkan atas temuan kerangka manusia di Ponpes Al Zaytun," timpalnya.

Sebelumnya diberitakan, Pendeta Saifuddin Ibrahim yang pernah menjadi Kepala Bagian Humas Ponpes Al Zaytun, mengaku pernah disuruh Panji Gumilang membawa mayat ditengah malam menuju suatu tempat rahasia," tulis salah satu akun Instagram.

Konten yang disebarkan akun Instagram tersebut telah 4.436 kali disukai dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Benarkah video tersebut merupakan penemuan ratusan makam bayi di perkebunan Ponpes Al Zaytun? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim penemuan ratusan makam bayi di perkebunan Ponpes Al Zaytun. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat video identik di situs berbagi video YouTube. Satu di antaranya video berjudul "Temuan Baru Kerangka Bayi, Kuburan ke-6 Ditemukan Tak Jauh dari Penemuan Kerangka Pertama!" yang dimuat channel YouTube KOMPASTV pada 2 Juli 2023.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube KOMPASTV.</p>

"BANYUMAS, KOMPAS.TV - Kerangka bayi hasil inses ayah dengan anak kandungnya kembali ditemukan Tim Inafis Polresta Banyumas di pekarangan warga di Kelurahan Tanjung, Banyumas, Jawa Tengah.

Ini mejadi kerangka bayi ke-6 yang ditemukan oleh tim penggali. Kuburan ke-6 ini ditemukan berjarak sekitar 1-2 meter dari tempat penemuan kerangka pertama.

Setelah melakukan pemeriksaan sementara dan olah TKP, temuan tersebut oleh Tim Inafis Polresta Banyumas dibawa ke Rumah Sakit Margono Purwokerto untuk diperiksa oleh dokter forensik.

Meski telah ditemukan 6 kerangka, polisi masih terus mencari kerangka lain dari kasus pembunuhan bayi oleh ayah kandung. Pasalnya, menurut pengakuan pelaku, ia telah membunuh dan mengubur 7 bayinya," tulis channel YouTube KOMPASTV.

Dikutip dari artikel berjudul "Geger Video Ratusan Makam Bayi Ditemukan di Perkebunan Ponpes Al Zaytun Indramayu, Ternyata Hoaks!" yang dimuat cirebon.tribunnews.com, Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim memastikan video tersebut adalah hoaks. Ipda Tasim mengatakan, tidak ada kejadian penemuan ratusan makam bayi tersebut.

"Ini video hoaks," ujar dia.

 

Referensi:

https://cirebon.tribunnews.com/2023/09/05/geger-video-ratusan-makam-bayi-ditemukan-di-perkebunan-ponpes-al-zaytun-indramayu-ternyata-hoaks

https://www.youtube.com/watch?v=rFJeOXNXQgw

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim penemuan ratusan makam bayi di perkebunan Ponpes Al Zaytun ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan peristiwa penemuan kerangka bayi hasil inses ayah dengan anak kandungnya di Kelurahan Tanjung, Banyumas, Jawa Tengah. Pihak Polres Indramayu juga menyebut bahwa video penemuan makam bayi tersebut adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini