Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Helikopter Memulai Kebakaran Hutan di Kanada

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juni 2023.

Unggahan klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada menampilkan sebuah helikopter sedang terbang sambil menjatuhkan api pada pepohonan yang ada di bawahnya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Helicopter starting a fire in Canada!

Wht are they burning down Canada?"

Dalam video tersebut terdapat narasi seperti berikut.

"so apparently what we have here some amateur drone footahe out of Canada in a restricted area that people were not allowed to go. somebody dlew a drone in there and what you can see is helicopter going around

looks like it's interntionally statrting some fire there canada

there's almost 150 individual wildfires, going on currently Canada as we speak"

Benarkah klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada, menggunakan google search dengan kata kunci 'helicopter starting fire'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Does Video Show Helicopters Starting the Canadian Wildfires?" yang dimuat situs Snopes.com, pada 8 Juni 2023.

Situs snopes.com memuat video yang dimuat akun Twitter dari British Columbia Wildfire Service @BCGovFireInfo yang salah satu tampilannya identik dengan klaim.

Akun tersebut menjelaskan cara kerja penyalaan terencana: "Pembakaran terencana adalah taktik manajemen kebakaran yang penting, digunakan untuk menahan api dengan membawa ujungnya ke garis kontrol yang telah ditetapkan dan mengurangi kemampuan penyebaran lebih lanjut."

Itu juga menjelaskan bagaimana metode ini menciptakan "intensitas yang lebih rendah daripada api yang bebas membakar".

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Fact Check-Clips show fire-fighting helicopters, not Canadian wildfires being intentionally started" yang dimuat situs Reuters.com.

Dalam artikel tersebut Dinas Kehutanan AS mengatakan bahwa selama kebakaran hutan, pembakaran terkendali yang dilakukan oleh ahli kebakaran dapat digunakan untuk mengurangi bahan bakar berbahaya dan membatasi penyebarannya.

Layanan pemadam kebakaran Yukon First Nations Wildfire menyatakan.

“Tidak semua api adalah api yang buruk. Penyalaan dari udara adalah bagian penting dari manajemen kebakaran hutan,” bunyi bagian dari postingan tersebut.

Sumber:

https://www.snopes.com/fact-check/canadian-wildfires-helicopters/

https://twitter.com/BCGovFireInfo/status/1664768711205462019?

https://www.reuters.com/article/factcheck-fires-helicopters-idUSL1N3851VO

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada tidak benar.

Tujuan helikopter menjatuhkan api merupakan bagian dari metode penyebaran api untuk mengendalikan kebakaran hutan dan melindungi petugas pemadam kebakaran, bukan memulai kebakaran hutan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini