Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Penyambutan Anies Baswedan oleh Masyarakat Kaltim

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penyambutan masyarakat Kalimantan Timur atas kehadiran Anies Baswedan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Juli 2023.

Unggahan klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur menampilkan sejumlah orang memadati ruangan terbuka sambil menyanyikan lagu berjudul Indonesia Pusaka diiringi kibaran bendara yang dilakukan beberapa orang, dalam video juga terlihat panggung, mobil pemadam kebakaran dan sejumlah kendaraan bermotor.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Penyambutan Masyarakat Kalimantan Timur yang menginginkan perubahan atas kehadiran Anis Baswedan di daerahnya membludak"

Benarkah klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran dengan Yandex.

 

<p>Penelusuran klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel, salah satunya berjudul "Pendukung Akui Video Lautan Manusia Sebagai Perpisahan Anies, John Sitorus: Itu Jambore di Jogja, Tangkal Hoaks!" yang dimuat situs Suara.com, pada 18 Oktober 2022.

Artikel tersebut mengulas video yang identik dengan klaim, dalam artikel Suara.com pegiat sosial media sekaligus pengamat politik Jhon Sitorus menyebutkan peristiwa video tersebut acara Jambore Daerah 3 YRKI Yogyakarta.

Penelusuran dilanjutkan dengan mencari video yang identik di plat form YouTube dengan kata kunci 'Jambore Daerah 3 YRKI Yogyakarta', hasilnya menampilkan sejumlah video yang identik dengan klaim menyebutkan situasi terkini jambore daerah 3 Yamaha RX King Indonesia di Yogyakarta.

Salah satunya diunggah akun YouTube Yamaha Kings Club Lampung@yamahakingsclublampung7100 dengan video berjudul "INDONESIA PUSAKA - JAMDA YRKI 3 DIY 2022".

 

<p>Penelusuran klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur</p>

Sumber:

https://amp.suara.com/news/2022/10/18/131619/pendukung-akui-video-lautan-manusia-sebagai-perpisahan-anies-john-sitorus-itu-jambore-di-jogja-tangkal-hoaks

https://www.youtube.com/shorts/6ZiUjYd_s2A

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut merupakan acara jambore daerah 3 Yamaha RX King Indonesia di Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.