Sukses

Deretan Hoaks Berkedok Pembagian Hadiah Catut Nama Baim Wong, Jangan Mudah Tergiur

Nama Baim Wong kerap dicatut namanya untuk dibuat hoaks giveaway.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Baim Wong kerap dicatut namanya untuk dibuat hoaks giveaway. Tak sedikit masyarakat yang mengalami kerugian finansial akibat tertipu hoaks tersebut.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama Baim Wong? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Baim Wong Bagikan Giveaway hingga Rp 20 Juta pada Pemilik Rekening Tertentu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Baim Wong sedang melakukan giveaway pada pemilik rekening sejumlah bank dengan nominal hingga Rp 20 juta. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun bernama BaimWong1717 ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 24 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video Baim Wong dengan narasi sebagai berikut:

"Khusus yang Mempunyai Buku Rekening Dibawah Saya Akan Kasih Hadiah"

BJB: 10 JT

BSI: 3 JT

BNI: 5 JT

BCA: 20 JT

BRI: 15 JT

Mandiri: 7 JT"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Baim Wong sedang melakukan giveaway pada pemilik rekening sejumlah bank dengan nominal hingga Rp 20 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Muncul Lagi Hoaks Bagi-Bagi Uang Catut Nama Baim Wong di Facebook

Kabar tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan uang tunai lewat akun Facebook bernama B0SQUE beredar di media sosial. Akun Facebook tersebut menggunakan foto profil Baim Wong.

Dalam salah satu kontennya, akun tersebut memuat video Baim Wong dengan narasi berisi iming-iming membagikan uang tunai senilai puluhan juta rupiah.

"Saya transfer 35 juta tanpa di undi. Khusus yang memiliki buku rekening BCA, BNI, Mandiri, BRI," demikian narasi dalam video tersebut.

Tak hanya itu, akun Facebook B0SQUE juga meminta warganet mengklik sebuah tautan jika ingin mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah secara cuma-cuma. Ternyata tautan itu mengarah ke nomor WhatsApp.

"Buat yang sudah follow like coment & share untuk dapatkan uang tunai kirim jawaban anda disini👇

https://wa.me/message/WEB4EG2KKGKIJ1 👈," tulis akun Facebook B0SQUE.

Konten yang disebarkan akun Facebook B0SQUE telah 180 ribu kali ditonton dan mendapat 15 ribu komentar warganet.

Benarkah Baim Wong membagikan uang tunai puluhan juta rupiah lewat akun Facebook B0SQUE? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.