Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Ahok, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Ahok? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video yang Diklaim Ahok Dilantik Jokowi Jadi Ketua KPK

Sebuah video yang diklaim Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilantik Presiden Jokowi jadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Mei 2023.

Video berdurasi 13 menit 44 detik itu menampilkan gambar thumbnail yang menampilkan acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara. Terlihat Jokowi sedang melantik Ahok. Narasi dalam video tersebut bertuliskan bahwa Ahok dilantik Jokowi jadi ketua KPK.

"BERITA TERBARU

DILANTIK JADI KPK YANG BARU

SUMPAH & JANJI AHOK LANTANG UNTUK NKRI," demikian narasi dalam video tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar Ahok dilantik Jokowi jadi ketua KPK yang baru.

"Ah0k Dil4nt1k Sump4h & Janj1nya Mengge1egar Untuk Ind0nesia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1,1 juta kali ditonton dan mendapat 7.100 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Ahok dilantik Jokowi jadi Ketua KPK yang baru? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Postingan Foto Bus Transjakarta Ini Peninggalan Ahok

Beredar di media sosial postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Agustus 2021.

Dalam postingannya terdapat foto bergambar bus Transjakarta yang tidak terawat di atas sebuah rumput. Postingan itu disertai narasi:

"Bus rongsok Trans Jakarta peninggalan Ahok produksi China, kapan dicat ulang???"

Lalu benarkah postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Ahok pakai Seragam Polri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memakai seragam Polri. Foto tersebut diunggah akun Facebook Agung Setiawan, pada 11 April 2021.

Unggahan klaim foto Ahok pakai seragam Polri tersebut menampilkan seorang dengan wajah seperti Ahok, mengenakan seragam Polri yang dibalut rompi hitam dan senjata laras panjang sedang berdiri membelakangi seorang yang mengenakan baju putih dengan wajah seperti Rizieq Shihab sedang berdiri dibalik teralis sambil mengangkat tangan kanannya.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Alhamdulillah...Ramadhan tahun ini Insya Allah akan lebih adem, tenang dan khusyu dlm menjalankan ibadah, karena setannya udah di kerangkeng alias di penjara...­čśü­čśü"

Benarkah klaim foto Ahok pakai seragam Polri? Simak dalam artikel berikut ini...

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini