Sukses

Hoaks Terkini Seputar Partai Politik, dari Nasdem sampai PDIP

Berikut kumpulan hoaks seputar parpol

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar partai politik atau parpol bermunculan menjelang pemilu 2024. Hal ini tentu dapat memperkeruh suasana jika dipercaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapat sejumlah hoaks seputar parpol, setelah melakukan penelusuruan pada beberapa informasi viral.

Berikut kumpulan hoaks seputar parpol.

Foto Cristiano Ronaldo Pamer Jersey Berlogo Partai Golkar

<p>Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Cristiano Ronaldo Memamerkan Jersey dengan Logo Partai Golkar (sumber: Facebook).</p>

Sebuah foto yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 Januari 2023.

Pada foto tersebut, tampak Cristiano Ronaldo tengah duduk di kursi ruang ganti pemain sepak bola.

Ia tampak memegang jersey berwarna kuning dan biru dengan logo Partai Golkar. Selain itu, pemain timnas Portugal ini juga terlihat mengenakan peci berwarna putih.

"Pak. H. Cristian ronaldo bersama partai Golkar 😁

2024 ngga ada banteng😈," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 5 komentar dari warganet.

Benarkah pada foto itu Cristiano Ronaldo memegang dan memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Partai Nasdem

Jokowi Ambil Alih Partai Nasdem dari Surya Paloh

 Kabar tentang Presiden Jokowi mengambil alih Partai Nasdem dari Surya Paloh beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 22 Maret 2023.

Channel YouTube tersebut mengunggah video berjudul "KABAR BURUK !!SEMUA KEKUASAAN SURYA PALOH DI AMBIL ALIH JOKOWI".

Dalam video berdurasi 8 menit 8 detik itu terdapat gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah menandatangani sebuah dokumen dan Surya Paloh yang sedang berdiri di hadapan Jokowi. Dalam gambar thumbnail itu terdapat narasi sebagai berikut.

"DI AMBIL ALIH JOKOWI SURYA PALOH LANGSUNG DI TENDANG DARI NASDEM"

Video yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 2 ribu kali ditonton dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Benarkah Jokowi mengambil alih Partai Nasdem dari Surya Paloh? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

 

Partai Nasdem Beralih Mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 

 Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 16 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Diam-diam Dukung Ganjar, Keputusan Mutlak Surya Paloh Bikin Anies Jantungan"

Akun itu menambahkan narasi "K4bar Bvruk Untuk An1es‼️ Keputvsan Mut1ak Surya Pa1oh Akh1rnya Usvng G4njar Di Pi1pres 2O24"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 4 halaman

PDIP

PDIP Jawa Timur Deklarasi Dukung Anies Baswedan untuk Capres 2024

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim PDIP Jawa Timur mendeklarasikan dukungan pada Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 28 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi:

"35 DPC PD1P Dukung Anies, Dipimpin Ketua DPW Deklerasi Dihadiri Ribuan Kader Sejatim. Benteng mengANIES"

Akun itu menambahkan narasi "SETELAH P3 JATIM DUKUNG ANIES KINI BANTENG PDIP JATIM IKUT DUKUNG ANIES. MEGAWATI BISA MEGAP MEGAP NAFASNYA . KEPRIBEN ANAK BUAHNYA TIDAK MAU JADIKAN PETUGAS PARTAI."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim PDIP Jawa Timur mendeklarasikan dukungan pada Anies Baswedan sebagai Capres 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini