Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Cristiano Ronaldo Pamer Jersey Berlogo Partai Golkar

Beredar foto yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 Januari 2023.

Pada foto tersebut, tampak Cristiano Ronaldo tengah duduk di kursi ruang ganti pemain sepak bola.

Ia tampak memegang jersey berwarna kuning dan biru dengan logo Partai Golkar. Selain itu, pemain timnas Portugal ini juga terlihat mengenakan peci berwarna putih.

"Pak. H. Cristian ronaldo bersama partai Golkar 😁

2024 ngga ada banteng😈," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 5 komentar dari warganet.

Benarkah pada foto itu Cristiano Ronaldo memegang dan memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "NOT RON Al-Nassr’s first match since signing Cristiano Ronaldo called OFF because of rain causing electrical issues at stadium" yang dimuat situs the-sun.com pada 5 Januari 2023.

Pada situs the-sun.com, tidak ada logo Partai Golkar pada jersey yang digenggam Cristiano Ronaldo. Jersey yang dipamerkan Cristiano Ronaldo merupakan jersey klub sepak bola Arab Saudi, yakni Al-Nassr.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs the-sun.com.</p>

Dilansir dari Liputan6.com, Cristiano Ronaldo akhirnya bergabung dengan klub sepak bola Arab Saudi, Al-Nassr.

Sebelumnya, Ronaldo berstatus bebas transfer setelah kontraknya diputus Manchester United pada akhir November 2022.

Pesepak bola berusia 37 tahun itu bertekad untuk melanjutkan kariernya di sepak bola Eropa lantaran masih ingin bermain di Liga Champions. Al-Nassr kemudian muncul sebagai favorit untuk mendapatkan tanda tangannya.

Hingga akhirnya klub Arab Saudi itu mengumumkan bahwa Ronaldo sudah menandatangani kontrak yang berlaku sampai Juni 2025.

"Sejarah sedang dibuat. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar. tetapi juga menginspirasi liga kami, bangsa kami, dan generasi masa depan, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Selamat datang @Cristiano ke rumah barumu @AlNassrFC," tulis Al-Nassr di akun Twitter resminya pada Sabtu, 31 Desember 2022.

 

Referensi:

https://www.the-sun.com/sport/7060606/cristiano-ronaldo-al-nassr-match-called-off/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah memamerkan jersey dengan logo Partai Golkar ternyata tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.