Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Patahan Kerak Bumi Terbentuk Usai Gempa di Hatay Turki

Beredar video yang diklaim patahan kerak bumi terbentuk usai gempa mengguncang Hatay, Turki. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim patahan kerak bumi terbentuk usai gempa mengguncang Hatay, Turki beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Februari 2023.

Video berdurasi 8 detik itu memperlihatkan daratan yang terpisahkan oleh sebuah kanal. Sekilas memang terlihat daratan tampak terbelah.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa lokasi tersebut merupakan patahan kerak bumi yang terbentuk usai gempa mengguncang Hatay Turki.

"Fresh video of the breaking of the earth's crust after the earthquake in Hatay (Turkey)," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan patahan kerak bumi yang terbentuk usai gempa mengguncang Hatay, Turki? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim patahan kerak bumi terbentuk usai gempa mengguncang Hatay, Turki. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "video of the breaking of the earth's crust after the earthquake in Hatay (Turkey)" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Video claiming that recent earthquake led to chasm in the earth’s crust in Turkey is false" yang dimuat situs telugupost.com pada 24 Februari 2023.

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs telugupost.com.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video yang diklaim pecahnya kerak bumi di Hatay, Turki, adalah salah. Lokasi yang ada dalam video tersebut adalah di China dan bukan Turki.

Masih menurut laporan tersebut, video identik ternyata ditemukan di situs video China seperti Zhihu dan bilbili.

Video serupa juga pernah dipublikasikan di saluran YouTube bernama 亼亼影视 dengan judul "《平陆县大沟壑》整个平原上划出一道长约10公里的鸿沟,究竟是什分为二” pada 4 November 2022.

Pada video itu diberi keterangan sebagai berikut: Jurang Besar di Kabupaten Pinglu. Sebuah jurang sepanjang sekitar 10 kilometer tergambar di seluruh dataran. Kekuatan apa yang membaginya menjadi dua bagian?

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube 亼亼影视.</p>

Referensi:

https://www.telugupost.com/english-factcheck/video-claiming-that-recent-earthquake-led-to-chasm-in-the-earths-crust-in-turkey-is-false-1464104?infinitescroll=1

https://www.youtube.com/watch?v=KkaU3yNxss4

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim patahan kerak bumi terbentuk usai gempa mengguncang Hatay, Turki ternyata tidak benar. Faktanya, lokasi yang ada dalam video tersebut adalah di China dan bukan Turki. Video itu juga tidak ada kaitannya dengan gempa yang mengguncang Turki pada Februari 2023.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.