Sukses

Kumpulan Hoaks Terkait dengan Imlek, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Tahun Baru Imlek kerap diiringi dengan hoaks, seputar perayaan tersebut. Hal ini tentu dapat menyesatkan masyarakat yang mempercayai informasi palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar tahun baru Imlek, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks terkait dengan Imlek.

Video Parade Perahu Naga Emas Bagian Perayaan Imlek

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video parade naga emas merayakan Imlek. Kabar tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, pada 22 Januari 2023.

Unggah klaim video parade naga emas merayakan Imlek berupa cahaya berbentuk panjang meliuk-liuk di atas perairan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Parade Naga ­čÉë emas di sepanjang sungai Yulong di Yangshuo_Guilin ­čçĘ­čç│

para warga negara komunis menghormati dewa-dewi Pagan di liburan Tahun Baru Imlek sebagai tradisi nenek moyang.

Kristen sejati mengenal TUHAN di dalam Roh dan Kebenaran, mengenakan pikiran KRISTUS, menguji segala sesuatu agar dapat membedakan mana yang dari TUHAN dan berkenan bagi TUHAN. Kristen sejatinya Tidak mengambil bagian dalam perayaan Pagan, tradisi manusia turun-temurun dari roh ilah-ilah penguasa dunia yang dirayakan orang-orang yang tidak mengenal TUHAN aka komunis aka atheis aka kafir.

Kolose 2:8 [AMD]Berhati-hatilah supaya jangan ada yang menyeret kamu melalui filsafat-filsafat yang kosong dan menipu. Ajaran-ajaran itu bukanlah dari KRISTUS, tetapi dari [tradisi manusia] dan berasal dari [kuasa-kuasa roh] yang ­čĹëdari [dunia] ini.

Efesus 5:11 [BIS]Jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak berguna yang dilakukan oleh orang-orang yang hidup dalam kegelapan. Sebaliknya, hendaklah kalian menelanjangi hal-hal semacam itu.

1 Tesalonika 5:21 [FAYH]tetapi ujilah segala sesuatu yang dikatakan orang untuk mengetahui kebenarannya, dan apabila ternyata benar, terimalah.

aku peduli jiwamubukan perasaanmu."

Benarkah klaim video parade naga emas merayakan Imlek? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Foto Jokowi Tanpa Prokes Ini Membuktikan Covid-19 Hilang saat Imlek

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) protokol kesehatan (prokes) mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Februari 2021.

Klaim foto Jokowi tanpa prokes membuktikan Covid-19 hilang saat Imlek, menampilkan Jokowi sedang berkumpul dengan sejumlah orang di dalam ruangan dengan ornamen Tionghoa.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"VIRUS CORONA TIBA2 HILANG & LENYAP di HARI RAYA IMLEK.

HADIR & BERKERUMUN TANPA PROKES sdh diCONTOHkan oleh Jokowi

VIRUS CORONA NTAR AKAN DIMUNCULKAN LAGI pada BULAN PUASA RAMADHAN MENDEKATI HARI RAYA IDUL FITRI"

Benarkah Klaim foto Jokowi mencontohkan Covid-19 hilang saat Imlek? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS