Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Parade Perahu Naga Emas dalam Video Ini Bagian Perayaan Imlek

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video parade naga emas merayakan Imlek. Kabar tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, pada 22 Januari 2023.

Unggah klaim video parade naga emas merayakan Imlek berupa cahaya berbentuk panjang meliuk-liuk di atas perairan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Parade Naga ūüźČ emas di sepanjang sungai Yulong di Yangshuo_Guilin ūüá®ūüá≥

para warga negara komunis menghormati dewa-dewi Pagan di liburan Tahun Baru Imlek sebagai tradisi nenek moyang.

Kristen sejati mengenal TUHAN di dalam Roh dan Kebenaran, mengenakan pikiran KRISTUS, menguji segala sesuatu agar dapat membedakan mana yang dari TUHAN dan berkenan bagi TUHAN. Kristen sejatinya Tidak mengambil bagian dalam perayaan Pagan, tradisi manusia turun-temurun dari roh ilah-ilah penguasa dunia yang dirayakan orang-orang yang tidak mengenal TUHAN aka komunis aka atheis aka kafir.

Kolose 2:8 [AMD]Berhati-hatilah supaya jangan ada yang menyeret kamu melalui filsafat-filsafat yang kosong dan menipu. Ajaran-ajaran itu bukanlah dari KRISTUS, tetapi dari [tradisi manusia] dan berasal dari [kuasa-kuasa roh] yang ūüĎČdari [dunia] ini.

Efesus 5:11 [BIS]Jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak berguna yang dilakukan oleh orang-orang yang hidup dalam kegelapan. Sebaliknya, hendaklah kalian menelanjangi hal-hal semacam itu.

1 Tesalonika 5:21 [FAYH]tetapi ujilah segala sesuatu yang dikatakan orang untuk mengetahui kebenarannya, dan apabila ternyata benar, terimalah.

aku peduli jiwamubukan perasaanmu."

Benarkah klaim video parade naga emas merayakan Imlek? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video parade naga emas merayakan Imlek, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video parade naga emas merayakan imlek</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Encounter golden 'dragon' on dazzling Yulong River" yang dimuat situs en.gxzf.gov.cn, pada 20 Mei 2022, situs tersebut memuat kumpulan foto yang identik dengan klaim.

<p>Penelusuran klaim video parade naga emas merayakan imlek</p>

Situs  en.gxzf.gov.cn menyebutkan, pada tanggal 19 Mei, 80 rakit bambu dengan lampu emas membentuk "naga" sepanjang 70 meter yang berkeliaran di sepanjang Sungai Yulong di desa Yulong kota Baisha di Guilin, wilayah otonomi Guangxi Zhuang, menghadirkan penglihatan malam yang kuat kepada para pengunjung.

Kegiatan tersebut digelar sebagai perayaan 12th China Tourism Day, dan untuk meningkatkan reputasi Sungai Yulong sekaligus menciptakan model wisata malam baru.

Dalam keterangan video berjudul "Check out the 700-meter-long (.4 mile) dragon boat" yang dimuat akun YouTube resmi Jaringan Televisi Global China CGTN America menyebutkan perahu itu digunakan untuk membawa minat dan lebih banyak pariwisata ke Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

 

Sumber:http://en.gxzf.gov.cn/2022-05/20/c_755280.htm

https://www.youtube.com/watch?v=XtlTwY7FSmk

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Liputan6.com, klaim video parade naga emas merayakan Imlek tidak benar.

Kegiatan tersebut digelar sebagai perayaan 12th China Tourism Day, dan untuk meningkatkan reputasi Sungai Yulong sekaligus menciptakan model wisata malam baru.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS