Sukses

Ribuan Hoaks Beredar di Masyarakat Jawa Barat Selama 2 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Jabar Saber Hoaks mengungkapkan ribuan hoaks tersebar di masyarakat sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Itu sebabnya perang melawan hoaks terus dicanangkan hingga level pemerintahan kota dan kabupaten.

Selama kurun tahun 2021, dari 2.716 aduan/pantauan isu yang berhasil diverifikasi oleh tim Jabar Saber Hoaks melalui olah pengecekan fakta (fact checking), tercatat sebanyak 1.883 (69,4 persen) dari total aduan/pantauan isu merupakan informasi keliru alias hoaks.

Sementara pada tahun 2022, berdasarkan hasil tindak pengecekan fakta Unit JSH, dari 1.171 aduan/pantauan isu yang diverifikasi oleh Unit JSH, tercatat sebanyak 939 atau 80,2 persennya merupakan kabar bohong alias hoaks."

"Jika fenomena ini diabaikan tanpa adanya upaya bersama untuk menanggulanginya, maka tak menutup kemungkinan benteng kerukunan dan kearifan bangsa ini perlahan akan tergerogoti dan terkikis," ujar Depi Agung Setiawan, Wakil Ketua Unit Jabar Saber Hoaks.

"Di Jawa Barat sudah melakukan upaya dengan membentuk beberapa unit saber hoaks di Kabupaten/Kota. Ini adalah wujud gotong royong antar daerah dalam memerangi masifnya penyebaran hoaks di era digitalisasi informasi," katanya menambahkan.

Sejak tahun 2021, sudah tujuh daerah Kabupaten atau Kota yang merepliklasi tim tersebut. Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cirebon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS