Sukses

Bagi-Bagi Hadiah Hoaks Sepekan: Kupon Belanja Gratis dari Alfamart hingga Uang Tunai Rp 4 Juta dari Indomilk

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam konten bagi-bagi hadiah.

Satu di antaranya postingan yang menyebut Alfamart membagikan kupon belanja gratis dengan ucapkan selamat ulang tahun di Facebook. Postingan itu beredar sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 22 Oktober 2022.

Berikut isi postingannya:

"Halo semuanya saya Djoko Susanto Pemilik Alfamart Indonesia. Dalam Rangka Memperingati HUT Alfamart yang KE 23, Kami akan memberikan kejutan special belanja gratis kepada 2 orang pemenang secara acak di facebook bagi yang berhasil mengetik "SELAMAT ULTAH". Berlaku sebelum akhir bulan ini. Semoga ada rezekinya buat keluarga anda."

Namun setelah ditelusuri, postingan yang menyebut Alfamart membagikan kupon belanja gratis dengan ucapkan selamat ulang tahun di Facebook adalah hoaks.

Selain postingan yang diklaim Alfamart membagikan kupon belanja gratis dengan ucapkan selamat ulang tahun di Facebook, terdapat konten bagi-bagi hadiah hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hoaks Kuesioner Bagikan Hadiah Rp 4 Juta Catut Nama Indomilk

Beredar di media sosial pesan berantai hoaks berisi kuesioner yang menjanjikan hadiah mencatut nama Indomilk. Pesan berantai ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai disebutkan bahwa Indomilk sedang merayakan ulang tahun ke-55. Mereka akan memberikan uang sebesar Rp 4 juta jika masyarakat mengisi kuesioner tersebut.

Setelah ditelusuri, Indomilk dalam postingan akun Instagram resminya yang sudah bercentang biru atau terverifikasi, @indomilk.kentalmanis membantah pesan berantai tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS