Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ratusan Sapi Hanyut Saat Banjir di Blitar

Beredar video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube berjudul "Banjir Blitar Ratusan Sapi hanyut Kesungai".

Pada video tersebut, terlihat beberapa ekor sapi hanyut terbawa arus banjir. Video itu kemudian dikaitkan dengan banjir di Blitar yang menghanyutkan ratusan ekor sapi.

"JAWA TIMUR BERDUKA

RATUSAN SAPI HANYUT

TEPATNYA DI KAB BLITAR

BENCANA ALAM SAMPAEI

SEKARANG HUJAN BELUM REDA," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam video tersebut ratusan ekor sapi hanyut ke sungai saat banjir menerjang Blitar? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan, seperti contohnya "Sapi Hanyut". Ambil template di bawah artikel ini dan post di Instagram kamu, bukti sudah menggunakan ChatBot untuk Cek Fakta. Menangkan Saldo Digital setiap minggunya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa channel YouTube yang mengunggah video serupa. Satu di antaranya video berjudul "Hanna ocasiona afectaciones en Nayarit" yang diunggah channel YouTube La Jornada pada 28 Juli 2020 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube La Jornada.</p>

Channel YouTube La Jornada menjelaskan bahwa video itu merupakan rekaman peristiwa banjir di daerah Nayarit, Meksiko pada 2020 lalu.

"Las fuertes y constantes lluvias que ha dejado el fenómeno meteorológico Hanna en Nayarit han ocasionado inundaciones y pérdidas ganaderas, tanto en San Blas como en Compostela, los municipios más afectados hasta el momento," tulis channel YouTube La Jornada.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=xx7o-THTbCw

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur ternyata tidak benar. Faktanya, video yang merekam sejumlah sapi hanyut itu merupakan peristiwa banjir di Nayarit, Meksiko pada 2020 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Ikutan Jadi Pejuang Cek Fakta bareng Ceki Bisa Dapat Hadiah

Sahabat Liputan6 mau dapat hadiah saldo digital setiap minggunya dari Ceki? Saatnya ikutan jadi Pejuang Cek Fakta. Cara ikutannya mudah sekali, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Ketahui apakah berita Motor Hanyut di Bogor itu benar atau hoax?

2. Cek kebenaran berita tersebut melalui Whatsapp chatbot di nomor 0811 9787 670 lalu tuliskan kata kunci/keyword "Sapi Hanyut"

3. Screenshot bukti kamu telah memakai WhatsApp Liputan6.com

4. Ambil template di bawah ini

5. Isi template tersebut dan isi di kotak kosong tangkapan layar kamu memakai WhatsApp Liputan6.com

6. Upload ke Instagram Story dan tag @liputan6 serta 2 temanmu

7. Tuliskan hashtag #CekFaktaBarengCeki & #KuisChatbotLip68. Periode 2: 24 - 30 Oktober 2022. Win the prize! 2 Pemenang mendapat masing-masing Rp 200K setiap minggunya.

Ayo ikutan sebanyak-banyaknya dan semoga kamu beruntung mendapatkan hadiah saldo digital!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.