Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Qatar Keluarkan Aturan Bagi Fans dan Pengunjung Piala Dunia 2022

Beredar di media sosial postingan poster yang diklaim aturan dari Pemerintah Qatar untuk fans Piala Dunia 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan poster yang diklaim aturan dari Pemerintah Qatar untuk fans Piala Dunia 2022 mendatang. Postingan itu beredar sejak awal Oktober lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Oktober 2022.

Dalam postingannya terdapat poster dengan judul: "Qatar Welcomes You!"

Di dalam poster itu terdapat sejumlah gambar aktivitas yang dilarang di Qatar seperti meminum alkohol, berkencan, mendengarkan musik dengan keras, hingga mengambil foto orang lain tanpa izin.

Akun itu menambahkan narasi:

"Aturan ini akan mengikuti Anda selama Piala Dunia 2022 di Qatar"

Lalu benarkah postingan poster yang diklaim aturan dari Pemerintah Qatar untuk fans Piala Dunia 2022 mendatang?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari website pemeriksa fakta India, The Logical Indian berjudul "Has Qatari Govt Prohibited Alcohol And Homosexuality For Visitors During Fifa World Cup? No, Viral Claim Is False!" yang tayang 10 Oktober 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa poster yang banyak dibagikan di media sosial bukan berasal dari Pemerintah Qatar.

Poster itu sudah beredar sejak 20 Juni 2014 oleh sejumlah aktivis perempuan Qatar di akun Twitter bernama "Reflect Your Respect". Dilansir dari Huffpost, kampanye itu dilakukan untuk merespons yang disebut sebagai "invasi budaya" dalam berpakaian oleh warganegara asing.

Selain itu akun resmi Piala Dunia 2022 Qatar di Twitter, @roadto2022en yang sudah bercentang biru atau terverifikasi juga sudah memberikan penjelasannya:

"Poster grafis "Qatar Welcomes You" yang beredar di media sosial bukan dari sumber resmi dan mengandung informasi yang tidak faktual.

Kami mengimbau pengunjung atau fans untuk mengandalkan informasi dari penyelenggara yang resmi untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Komite Tertinggi untuk Warisan dan Informasi serta FIFA akan segera mengeluarkan panduan bagi fans yang ekstensif untuk membantah informasi yang beredar viral," bunyi pernyataan di akun itu.

"Penyelenggara turnamen sangat jelas akan menyambut semua orang untuk datang ke Qatar dan menikmati Piala Dunia 2022. Qatar selalu terbuka, toleransi, dan menyambut dengan tangan terbuka negara lain. Fans internasional dan pengunjung Piala Dunia akan merasakan pengalaman langsung."

Sumber:

https://thelogicalindian.com/fact-check/no-the-qatari-govt-did- not-prohibit-alcohol-profanity-and-homosexuality-during-fifa- world-cup-37944

https://twitter.com/roadto2022en/status/1578056238914478081

https://empowertitans.com/fact-check-no-alcohol-homosexuality- conservative-guidelines-for-fifa-world-cup-not-issued-by-qatar- govt/

https://www.reuters.com/article/factcheck-worldcup-qatar/fact- check-poster-listing-behaviours-to-avoid-at-the-2022-fifa-world- cup-is-not-an-official-release-idUSL1N3171PO

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan poster yang diklaim aturan dari Pemerintah Qatar untuk fans Piala Dunia 2022 mendatang telah diklarifikasi. Faktanya hingga saat ini penyelenggara belum mengeluarkan panduan resmi bagi fans dan pengunjung Piala Dunia 2022.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.