Sukses

Kenali Phishing di Media Sosial dan Cara Menghindarinya

Liputan6.com, Jakarta - Phishing adalah tipe penipuan online dengan cara mengirimkan email atau pesan palsu. Tujuannya adalah untuk menyerang data pribadi dan mengambil keuntungan dari informasi finansial yang didapat. 

Penjahat sibur dapat menggunakan akun palsu untuk menipu korban. Di era dimana phising sosial media adalah kejahatan yang cukup lumrah, proteksi brand online menjadi sangat penting karena menjaga keamanan brand dan tindakan anti pemalsuan. 

Di media sosial tentunya membutuhkan langkah-langkah untuk mencegah diri agar terhindar dari serangan phising. Pertama dan yang paling penting adalah jangan menekan link dari sumber yang diragukan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Diri Sendiri di Media Sosial

Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga keamanan dari social media phising, yakni :

  • Berhati-hatilah terhadap pesan dari orang yang tidak Anda kenal
  • Jangan Masukkan Username dan Password bila Diminta oleh Website yang belum tentu sah
  • Waspada terhadap pesan yang menciptakan rasa urgensi. Peretas sering menggunakan rasa takut untuk mengelabui orang agar mengklik tautan atau memberikan informasi pribadi
  • Jaga software anti virus Anda up to date dan jalankan scan reguler pada komputer Anda. 
  • Jangan ragu untuk melaporkan aktivitas platform sosial media atau penegakan hukum yang mencurigakan 
3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.