Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pengumuman Kenaikan Biaya Transaksi Gunakan BCA Mobile Jadi Rp 150 ribu

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu berupa tangkapan layar disertai dengan logo PT Bank Central Asia TBK (BCA) dan tulisan sebagai berikut.

"PENGUMUMAN

Bapak/Tbu Nasabah yang terhormat

Sehubungan adanya pembaruan biaya transaksi dari BCA mobile untuk nasabah bertransaksi dari BCA mobile/internet banking

Mulai nanti malam ketika pergantian tgl, Seluruh biaya transaksi di ubah menjadi biaya bulanan. Untuk biaya transaksi lama Rp 6500/pertransaksi di ganti dengan biaya bulanan Rp 150,000/perbulan (Autodebdit dari rekening tabungan) Unlimited

Untuk pembaruan tarif ini dalam percobaan selama 6 bulan kedepan, Bpk/ibu Nasaba bank BCA setuju dengan tarif yang baru Rp 150,000/perbulan

Atau mau tetap ke tarif yang lama Rp 6.500/pertransaksi

1. Setuju dengan tarif yang baru Rp 150,000/perbulan

2. Tarif lama Rp 6.500/pertransaksi

Bapak/Ibu kalau tidak kon firmasi di anggap setuju dengan tarif baru nya"

Benarkah pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn. menyatakan, pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA mobile jadi Rp 150 ribu tidak benar.

"BCA tidak pernah mengeluarkan surat pengumuman tersebut," kata Hera dalam keterangan tertulisnya.

 Menurut Hera, pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking dapat dipastikan informasi tersebut adalah aksi penipuan.

"BCA senantiasa menghimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA," ujarnya.

Hera pun menyampaikan apabila nasabah mendapatkan surat atau informasi yang mencurigakan danmengatasnamakan BCA, nasabah dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA1500888, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu tidak benar.

BCA tidak pernah mengeluarkan surat pengumuman tersebut dan dapat dipastikan informasi tersebut adalah aksi penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.