Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Minyak Goreng Kemasan Dibuang ke Laut

Beredar video yang diklaim minyak goreng kemasan sengaja dibuang ke laut. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim minyak goreng kemasan sengaja dibuang ke laut beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Agustus 2022.

Video berdurasi 17 detik itu memperlihatkan ratusan minyak goreng kemasan mengambang di lautan. Seorang pria menggunakan pelampung terlihat berenang di sekitar tumpahan minyak goreng kemasan itu.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar pembuangan minyak goreng kemasan secara sengaja ke laut.

"Kapal TAGBOAT temukan minyak goreng dilaut...

Gimana ceritanya minyak goreng bisa mengapung dilaut lepas..

Dibuang untuk menghilangkan barang bukti ato kapalnya tenggelam 🤔

Ternyata bkn hanya kandungan minyak bumi yg ada dilaut.. Ada kandungan minyak goreng juga... 😁" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 260 kali ditonton dan mendapat 39 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut ratusan minyak goreng kemasan dibuang ke laut? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim minyak goreng kemasan dibuang ke laut. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Heboh! Video Ratusan Minyak Goreng Kemasan Tumpah di Laut" yang dimuat situs detik.com pada 5 Agustus 2022.

Denpasar - Video yang memperlihatkan ratusan minyak goreng kemasan tumpah dan terombang-ambing di laut viral di media sosial. Ratusan minyak goreng kemasan itu diduga tumpah di sekitar perairan Riau.Dalam video tersebut terlihat sebuah kapal dan beberapa orang tengah berusaha 'menyelamatkan' minyak goreng kemasan itu.

"Proses evakuasi minyak goreng," ujar pria yang merekam video itu seperti dikutip dari detikFinance, Jumat (5/8/2022).

Salah seorang pria yang diduga kru kapal bahkan memakai pelampung agar bisa mengambil minyak goreng yang tersebar hingga jauh dari kapal.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengungkapkan ratusan minyak goreng kemasan yang mengapung di laut itu disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo yang mengangkut bahan pokok.

"Info dari produsen, itu karena kecelakaan kapal. Jadi minyak gorengnya jatuh ke laut," kata Syailendra, Kamis (8/7/2022).

Syailendra mengatakan kecelakaan kapal itu terjadi di wilayah perairan Riau. Sementara produsen minyak goreng yang dimaksud ialah produsen minyak goreng Fortune.

"Itu bukan di laut Jawa ya, itu di Riau. Jadi memang kecelakaan. Saat ini masih dicek," jelas Syailendra.

Untuk memperjelas pernyataannya, Syailendra juga mengirimkan sebuah video kepada detikcom tentang adanya kecelakaan Kapal Kargo Aneka Maju yang terjadi di Selat Malaka, perairan Riau. Tampak juga dari video tersebut ratusan minyak goreng kemasan jatuh ke laut.

 

Referensi:

https://www.detik.com/bali/berita/d-6217375/heboh-video-ratusan-minyak-goreng-kemasan-tumpah-di-laut

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim minyak goreng kemasan sengaja dibuang ke laut ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan peristiwa kecelakaan kapal pengangkut bahan pokok yang terjadi di wilayah perairan Riau.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.