Sukses

Pesan Berantai Hoaks Sepekan: Pertamina Bagi Subsidi Energi Rp 3 Juta hingga Bilyet Giro Rp 55 juta dari BRI

Beberapa kabar hoaks melalui pesan berantai masih bermunculan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Satu di antaranya pesan berantai yang diklaim PT Pertamina membagikan subsidi energi sebesar Rp 3 juta. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"http://carbonappalling.top/pertaminaid-yh/tb.php?"

Saat diklik link tersebut mengarah ke website dengan tulisan:

"Congratulations!Pertamina Government energy subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah"

Namun setelah ditelusuri, pesan berantai yang mengklaim PT Pertamina membagikan subsidi energi Rp 3 juta adalah hoaks.

Faktanya, Pertamina tidak menerapkan mekanisme pembagian subsidi energi dengan mebagikan tautan dan mengisi kuesioner.

Selain informasi PT Pertamina membagikan subsidi energi Rp 3 juta, terdapat pesan berantai hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BRI Bagikan Bilyet Giro Sebesar Rp 55 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI membagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta. Kabar tersebut disebar lewat aplikasi percakapan.

Informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta tersebut berupa tulisan yang disertai dengan tautan seperti berikut.

Sobat BRI Yth !!!

Nomor Rekening BRI Anda Mendapatkan

BILYET GIRO Rp.55.000.000,-.

NO.UNDIAN ANDA (195859)

Untuk Info Klik:

bit.do/PROMOBRIPOIN"

Setelah ditelusuri, informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta ternyata tidak benar.

BRI tidak pernah mengirimkan pesan singkat yang memuat pengumuman pengundian hadian dengan menggunakan nomor ponsel personal.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.