Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ular Anaconda Raksasa Memangsa Wanita Berusia 70 Tahun

Beredar video yang diklaim seekor ular anaconda memakan wanita berusia 70 tahun. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seekor ular anaconda memakan wanita berusia 70 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juli 2022.

Video berdurasi 3 menit 26 detik itu memperlihatkan seekor ular berukuran besar tak bergerak di halaman kantor polisi. Perut dari ular itu tampak besar, seakan telah memakan mangsa buruannya. Terlihat juga kerumunan warga yang melihat ular tersebut.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa seekor ular anaconda telah memakan wanita berusia 70 tahun.

"Anaconda raksasa memakan wanita berusia 70 tahun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 82 ribu kali ditonton dan mendapat 37 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut seekor ular anaconda memakan wanita berusia 70 tahun? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seekor ular anaconda memakan wanita berusia 70 tahun. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat video identik seperti yang disebarkan akun Facebook tersebut. Video itu berjudul "Ular Piton Panjang 6 m di halaman Mapolrest Kota Sabang Jum'at 16 desember 2016" yang diunggah channel YouTube SantaiBanget pada 16 Desember 2016 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube SantaiBanget.</p>

"Ular Piton Panjang sekitar 6 Meter yang ditemukan di Cot mancang Gampong Cot Abeuk berada di di halaman Mapolrest kota sabang.

Ular Piton panjang 6 m tersebut sudah melemas Setelah Memangsa Satu Ekor Babi Hutan tampak masyarakat sabang sedang menyaksikan langsung ular piton gegerkan warga di halaman Mapolres kota sabang

ular piton makan babi hutan ini memang sempat menghebohkan masyarakat kota sabang akhirnya warga berhasil evakuasi ular piton tersebut ke mapolrest kota sabang yang menjadi tontonan warga setempat.

Kemunculan Ular piton secara tiba - tiba sering membuat masyarakat resah apalagi kalau sampai ular piton makan mangsa seperti hewan ternak dan lainnya," tulis channel YouTube SantaiBanget.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=QSowvzwg7EE

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seekor ular anaconda memakan wanita berusia 70 tahun ternyata tidak benar. Faktanya, dalam video itu merupakan ular piton. Ular berukuran besar itu ditemukan warga usai memakan seekor babi hutan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.