Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 212 Mart Jadi Sponsor Formula E

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 April 2022 lalu.

Dalam foto tersebut terdapat ilustrasi mobil Formula E dan logo 212 Mart. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa 212 Mart merupakan sponsor dari ajang balap Formula E yang rencananya digelar pada 4 Juni 2022 mendatang di Jakarta.

":::sponsor formula E ,mulai berdatangan," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 16 kali direspons dan mendapat 4 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E di Jakarta? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "sponsor formula e jakarta" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan tentang sponsor yang rencananya ikut ambil bagian dalam ajang balap Formula E. Satu di antaranya artikel berjudul "Bocoran Sponsor Formula E, dari Bank, Hotel, hingga Perusahaan Listrik" yang dimuat situs kompas.com pada 20 Mei 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko menjelaskan, saat ini penyelenggaraan Formula E 2022 di Ancol memiliki beragam sponsor yang belum bisa dipublikasikan secara detail.

Gunung hanya menyebutkan bahwa sponsor pergelaran balap mobil listrik itu berasal dari industri yang beragam.

"Alhamdulillah sponsorship sudah ada beberapa, cukup banyak. Dari sisi industri, saya bisa sampaikan bahwa cukup beragam yang menjadi sponsor kami," kata Gunung saat ditemui di lokasi sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Gunung menyebutkan, sponsor tersebut di antaranya datang dari bank lokal, bank swasta, dan perusahaan digital.

"Kemudian electricity company, perusahaan listrik ya, FnB (food and beverage) ada juga beberapa, kami juga ada hospitality perhotelan, kemudian dari sisi kesehatan ada, telco company, dan otomotif," papar Gunung.

Namun, Gunung lagi-lagi tidak menjelaskan secara detail nama perusahaan dan bentuk sponsorship yang didapat dari penyelenggaraan Formula E tersebut. Padahal, Formula E Jakarta akan digelar 16 hari lagi atau tepatnya pada 4 Juni 2022.

"Detailnya seperti apa kami akan sampaikan dalam waktu terpisah karena dalam beberapa saat masih ada yang akan kami tanda tangani kontrak lagi," katanya.

Ia memperkirakan seluruh penandatanganan kontrak bisa rampung pekan depan dan diumumkan sekitar sepekan sebelum balapan dimulai.

"Jadi insya Allah akan kami update nanti di minggu depan, tapi bisa kami sampaikan bahwa ini adalah industri yang sudah melakukan sponsorship dengan kami," ucap dia.

Sementara itu, Ketua Komite Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni berharap badan usaha milik negara (BUMN) bisa turut menjadi sponsor ajang balap mobil listrik di Jakarta.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan proposal sponsor kepada Menteri BUMN Erick Thohir secara langsung.

Sahroni sempat bertemu Erick Thohir setelah Presiden Joko Widodo meninjau lokasi sirkuit. "Habis Presiden datang hari Senin (25/4/2022), Kamis (9/5/2022) gue menghadap Pak Erick Thohir, sampaikan proposal," ujar Sahroni.

Namun, Sahroni menyebutkan, proposal yang diberikan kepada Erick Thohir tak kunjung mendapat jawaban hingga H-16 penyelenggaraan Formula E.

"Sampai hari ini belum ada feedback, kita tunggu Pak Erick Thohir," ujar Sahroni.

 

Referensi:

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/20/07455341/bocoran-sponsor-formula-e-dari-bank-hotel-hingga-perusahaan-listrik?page=all#page3

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan resmi berasal dari Formula E.

Meski belum diumumkan, pihak penyelenggara mengklaim sejumlah perusahaan turut menjadi sponsor Formula E Jakarta. Mulai dari bank, perusahaan otomotif hingga perhotelan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.