Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Gerakan Latihan Dalam Video Ini Bisa Sembuhkan Penyumbatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan sejumlah video-video latihan gerakan yang diklaim untuk menyembuhkan penyumbatan jantung. Video ini dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam video yang beredar di aplikasi percakapan, terdapat seorang wanita yang melakukan gerakan tepuk dan pukul di bagian tubuh.

Sementara dalam video lain terdapat gerakan menjulurkan lidah dan menggerakkan bagian kaki dan juga memijat-mijat jemari tangan. Semua video yang tersebar viral itu punya narasi yang sama yakni:

"Latihan ini untuk menyembuhkan Penyumbatan Jantung. Sekarang video ini viral dicari ribuan pasien jantung. Tonton klip ini dan coba latihan ini. Beberapa orang mengklaim sakit punggung mereka hilang dalam 7 hari... Terasa deras darah mengalir dari leher dan punggung. Silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat"

Lalu benarkah video-video latihan gerakan yang diklaim untuk menyembuhkan penyumbatan jantung?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr. Vito A. Damay, SpJP (K). Ia menyebut sejumlah latihan gerakan tersebut tidak bisa menyembuhkan penyumbatan jantung.

"Pasti tidak bisa kalau diklaim gerakan itu bisa menyembuhkan penyumbatan jantung. Pembuluh darah Jantung itu besarnya cuma 2 mm sampai 5 mm, jauh tersembunyi dalam rangka dada yang kuat. Dipukul bagaimana pun tidak akan bikin sumbatan hilang," ujar dr.Vito saat dihubungi Selasa (25/1/2022).

"Cara agar peredaran darah di jantung lancar adalah pijatan dari dalam menggunakan jantung itu sendiri. Jantung yang memompa rutin akan membuat aliran darah lebih baik," katanya menambahkan.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ini juga memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan jantung.

"Jaga pola hidup dan pola makan. Konsumsi banyak sayur dan buah, olahraga, kendalikan dan tangani penyakit yang akan membuat jantung terganggu seperti darah tinggi dan kolesterol atau diabetes. Selain itu kita harus rutin check up untuk mengenali kondisi jantung saat ini," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video-video latihan gerakan yang diklaim untuk menyembuhkan penyumbatan jantung adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.