Sukses

Simak Informasi Viral Terkini Seputar Listrik dan BBM, Hoaks Atau Fakta?

Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini

Liputan6.com, Jakarta- Sektor energi penting bagi hajat hidup orang banyak, di antaranya adalah listrik dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kedua komoditas tersebut merupakan pendorong perekonomian. Informasi mengenai sektor tersebut pun viral.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi viral seputar sektor energi, bagaimana hasilnya? Simak daftar hasil penelusuran berikut ini.

1. Klarifikasi PLN Bakal Padamkan Listrik Meluas Mulai 5 Januari 2022 Akibat Krisis Pasokan Batu Bara

Beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan postingan terkait PLN mengalami krisis pasokan batu bara sehingga akan memadamkan listrik secara meluas mulai 5 Januari 2022. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Januari 2022.

Dalam akunnya terdapat postingan gambar berjudul "PLN Krisis Pasokan Batubara, Januari 2022 Dipastikan Padam"

Akun itu juga menambahkan narasi "Ujung Ujung Yah Listrik Naek"

Postingan serupa juga ditemukan di aplikasi percakapan. Postingan itu disertai narasi "FYI Bapak Ibu Persiapan Mati Lampu"

Lalu benarkah postingan yang menyebut PLN mengalami krisis pasokan batu bara sehingga akan memadamkan listrik secara meluas mulai 5 Januari 2022? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2. Imbauan Memenuhi Isi Tangki Bensin Karena Karyawan Pertamina Akan Mogok Massal Saat Nataru

Beredar di media sosial postingan yang mengimbau masyarakat memenuhi isi tangki bensin karena karyawan Pertamina akan mogok massal saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Desember 2021.

Berikut isi postingannya:

"DIHIMBAU...‼️ Mobil n Motor, Mulai 27 Des 2021 isi Penuh Tangki Bensinnya. Soalnya Karyawan Pertamina Mogok Kerja Massal, Mulai 29 Des 2021 ~ 7 Januari 2022"

Lalu benarkah postingan yang mengimbau masyarakat untuk memenuhi isi tangki bensin karena karyawan Pertamina akan mogok massal saat Nataru? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. Minyak akan Langka Akibat Kebakaran Kilang Cilacap

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap. Informasi tersebut diunggah sebuah akun Twitter, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Kilang Pertamina Cilacap Terbakar" yang dimuat situs Kompas.com, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Siap-siap kemungkinan besar akan terjadi kelangkaan minyak, pasca terbakarnya tangki kilang minyak di Cilacap❗⚠️"

Benarkah klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

4. SPBU Pertamina Tidak Melayani Pengisian Pertalite Bagi Sepeda Motor 2 Tak Mulai 22 Agustus 2021

Kabar tentang SBPU Pertamina tidak lagi melayani pengisian BBM jenis Pertalite bagi sepeda motor 2 tak mulai 22 Agustus 2021 beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 22 Agustus 2021. Berikut isi pengumuman tersebut:

Jakarta, 22 Agustus 2021

No. 119/Q23030/2021-S3

Perihal: Edaran

Dengan terhormat,

Seluruh Pengecer

PENGUMUMAN

MULAI TANGGAL 22 AGUSTUS 2021 SEMUA SPBU TIDAK MELAYANI PENGISIAN PERTALITE UNTUK 2 TAK

Benarkah SBPU Pertamina tidak lagi melayani pengisian BBM jenis Pertalite bagi sepeda motor 2 tak mulai 22 Agustus 2021? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.