Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Cara Terbebas dari Covid-19 Varian Omicron Adalah Dengan Tidak Divaksin

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim varian covid-19 Omicron bisa dihindari dengan cara tidak divaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim varian covid-19 Omicron bisa dihindari dengan cara tidak divaksin. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam postingan tersebut terdapat narasi "fakta omicron yang terinfeksi 95 persen sudah divaksinasi."

Selain itu ada narasi selanjutnya yakni "cara terbebas Omicron, jangan divaksin"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim cara mencegah varian covid-19 Omicron adalah dengan cara tidak divaksin?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Hadapi Omicron, Kemenkes: Vaksin Apapun Masih Efektif untuk Melindungi Diri" yang tayang di Liputan6.com pada 21 Desember 2021.

Di sana terdapat penjelasan dari Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dr Siti Nadia Tarmizi.

"Vaksin itu masih sangat efektif. Kita tahu dari data-data yang adapun, orang-orang yang terkena varian Omicron itu kemungkinan jatuh pada tingkat keparahan yang lebih buruk atau membutuhkan perawatan di rumah sakit, itu tidak terjadi," ujar dr. Nadia.

"Justru orang-orang yang sudah memiliki proteksi dari vaksin cenderung tidak bergejala atau tidak membutuhkan perawatan RS ketika tertular dengan varian Omicron," katanya menambahkan.

Selain itu dr. Nadia juga menyampaikan pencegahan penularan covid-19 varian Omicron adalah dengan tetap menjaga protokol kesehatan, tetap disiplin, kurangi mobilitas tinggi, dan segera vaksinasi.

Cek Fakta Liputan6.com juga meminta penjelasan dari dr. Muhamad Fajri Adda'i terkait pentingnya vaksinasi untuk melawan varian covid-19 Omicron.

"Selain menjaga protokol kesehatan, vaksinasi covid-19 juga merupakan senjata pertahanan utama melawan pandemi covid-19, baik varian terdahulu maupun varian terbaru seperti Omicron. Oleh karena itu, kita harus segera memperluas cakupan vaksinasi covid-19 dua dosis dan serta booster dosis ketiga ketika sudah dianjurkan di Indonesia," ujar dr. Fajri yang juga edukator covid-19.

Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/4816237/hadapi-omicron-kemenkes-vaksin-apapun-masih-efektif-untuk-melindungi-diri?source=search

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim cara mencegah varian covid-19 Omicron adalah dengan cara tidak divaksin adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.