Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Cuplikan Film The Simpsons Ini Mengungkap Penyebaran Chemtrails

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penyebaran racun udara atau chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 17 Desember 2021.

Klaim penyebaran racun udara atau chemtrails diungkap dalam film The Simpsons berupa video yang menampilkan tokoh dalam film tersebut Marge Simpson sedang melihat pesawat terbang mengeluarkan asap. Pada cuplikan tersebut terdapat tulisan:

"THE SIMPSONS RELEVATION METHOD ON CHEMTRAILS".

Video kemudian dilanjutkan dengan tayangan keluarga Simpsons menyaksikan pesawat terbang yang mengeluarkan asap, dalam tauang tersebut terdapat tulisan

"mereka menaruhnya di film kartun mu jangan anggap gurauan".

Pada detik ke 13 video tersebut menampilkan sejumlah orang yang sedang mengoperasikan komputer berada dalam ruangan bertuliskan "CIA WATHER CONTROL".

Kemudian tanyang berikutnya menampilkan seorang yang sedang mengoperatori perangkat elektronik yang terdapat tulisan "CHEMTRAILS", tayangan dilanjutkan dengan sebuhan pesawat terbang mengeluarkan asap dan membuat langit hitam kemudian terihat angin bertiup merusak bangunan dan langit merah.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Film, game, koran, majalah, berita, buku, televisi, radio, internet itu semua kita sebut media. Artinya suatu pesan selalu disampaikan melalui media.Seperti telah kita maklumi bersama bahwa "invisible hands" yaitu para "penguasa dunia dibalik layar" (elit global) mereka juga telah menguasai media.

Media inilah sebenarnya tempat-tempat mereka menyampaikan pesan tersebut, baik pesan tersirat maupun tersurat, baik pesan yang samar-samar maupun terang-terangan.

Nah secara ilmiah cara ini disebut dengan METODE WAHYU (revelation method), sebagian ada juga yang menyebutnya Subliminal Message (pesan subliminal) atau sebut saja pesan tersembunyi yang mempengaruhi gelombang otak manusia dengan maksud mempengaruhi alam bawah sadar manusia, yaitu pesan rahasia dengan dengan racikan simbol maupun kode tertentu.

Kode ini sebenarnya hanya bisa diungkap oleh "orang dalam". Tetapi karena sudah banyak orang-orang yang mempelajari mereka, sehingga orang luar pun sekarang bisa membaca untuk memecahkan kode-kode tersebut.

Sebagian ada pula yang menyebutnya Predictive Programming atau prediksi yang terprogram. Ketika gedung WTC 911 runtuh banyak orang terkejut karena ternyata pada era-era sebelumnya gambaran tentang kehancurannya sudah tersebar diberbagai media baik secara terang-terangan maupun samar-samar.

Jadi apakah anda masih akan mengatakan, "Ah, itu cuma kebetulan?"".

Benarkah klaim penyebaran racun udara atau chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons dengan menangkap layar video Marge Simpson sedang melihat pesawat terbang.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons

Penelusuran mengarah pada situs test.tzr.io situs tersebut menayangkan cuplikan video Marge Simpson sedang melihat pesawat terbang berjudul "Why is that jet flying so close to our house?The Simpsons - Mr. Spritz Goes to Washington [S14E14]". Namun tidak ada keterangan lebih lanjut tentang video tersebut.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Mr. Spitz Goes to Washington'. Penelusuran mengarah pada situs film hotstar.com. Dalam situs tersebut memuat tayangan Simpson berjudul "Tn. Spritz Pergi ke WashingtonS14 E149 Mar 2003".

Dalam tayangan episode Tn. Spritz Pergi ke Washington mengisahkan rumah Simpsons menjadi tidak layak huni karena kebisingan pesawat. Krusty terpilih menjadi anggota Kongres dan akhirnya memiliki RUU yang disahkan untuk mengubah jalur penerbangan.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar video yang menampilkan sejumlah orang yang sedang mengoperasikan komputer berada dalam ruangan bertuliskan "CIA WATHER CONTROL".

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons

Penelusuran mengarah pada halaman berjudul "CIA WATHER CONTROL"  yang dimuat situs americandad.fandom.com.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci "CIA controls the weather" penelusuran mengarah pada video berjudul "American Dad | The CIA controls the weather" yang dimuat akun  YouTube Snikky show, pada 9 Agustus 2017. Dalam video tersebut identik dengan klaim namun tidak menampilkan tayangan video The Simpsons.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons

Sumber:

http://test.tzr.io/yarn-clip/06b4fe88-7683-40bd-a7a2-a8105af48b98

https://www.hotstar.com/id/tv/the-simpsons/1260023404/tn-spritz-pergi-ke-washington/1260023981

https://americandad.fandom.com/wiki/CIA_Weather_Control

https://www.youtube.com/watch?v=lb86ANihKuM

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim penyebaran chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons tidak benar.

Tayang video tersebut merupakan episode mengisahkan rumah Simpsons menjadi tidak layak huni karena kebisingan pesawat. Krusty terpilih menjadi anggota Kongres dan akhirnya memiliki RUU yang disahkan untuk mengubah jalur penerbangan.

Cuplikan video bertuliskan "CIA WATHER CONTROL", kemudian tanyang berikutnya menampilkan seorang yang sedang mengoperatori perangkat elektronik yang terdapat tulisan "CHEMTRAILS" merupakan video yang berbeda dan tidak berhubungan dengan episode The Simpsons tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.