Sukses

Cek Fakta: Perasan Jeruk Nipis Tidak Bisa Menyehatkan Mata

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati video yang beredar terkait penggunaan jeruk nipis yang diteteskan ke mata yang diklaim sebagai obat mata yang mujarab agar mata tetap sehat.

Hal ini dilakukan oleh pria berseragam polri dengan meneteskan air jeruk nipis secara bergantian. Informasi ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook dengan narasi "Tips Obat Mata Mujarab dari Pak Polisi".

Dalam video berdurasi 4 menit 22 detik itu, terlihat tiga anggota polisi terlihat meneteskan air perasan jeruk nipis di mata mereka.

"Lemon ikan atau jeruk nipis ini obat mata yang sangat mujarab. Ini akan dipakaikan kepada pasien untuk diteteskan di mata, agar matanya tetap terang dan sehat," ucap pria dalam video tersebut.

Video tersebut sudah ditayangkan sebanyak 110 kali dan disukai oleh 34 warganet. Benarkan perasan jeruk nipis bisa menyehatkan mata? Simak penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com melakukan penelusuran menggunakan Google Search dengan kata kunci “Jeruk Nipis untuk Mata” kemudian menemukan hasil beberapa artikel terkait informasi tersebut. Salah satunya artikel berjudul "Benarkah Tetes Jeruk Nipis Ampuh Atasi Mata Minus?" yang dimuat situs klikdokter.com pada 30 Desember 2017 lalu.

Dalam artikel disebutkan bahwa jeruk nipis memang banyak manfaatnya, salah satunya adalah mengandung vitamin c sebagai antioksidan untuk mata. Namun, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengoonsumsi jeruk nipis bukan dijadikan sebagai obat tetes mata.

Menurut dr. Anita Amalia Sari, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata.

Selaras dengan hal tersebut, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel dengan judul "Tetesan Jeruk Nipis dan Air Sirih Bikin Mata Kinclong, Benarkah?" yang diterbitkan oleh detik.com pada 14 November 2019.

dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC menegaskan bahwa semua produk tanaman tidak boleh diteteskan pada mata.

"Gak boleh sama sekali. Tanaman itu mengandung spora jamur, jadi bisa menimbulkan infeksi," terangnya, Rabu (13/11/2019).

 

Referensi:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4783867/tetesan-jeruk-nipis-dan-air-sirih-bikin-mata-kinclong-benarkah

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3210616/benarkah-tetes-jeruk-nipis-ampuh-atasi-mata-minus

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Penggunaan jeruk nipis untuk menyehatkan mata ternyata tidak benar. Faktanya, manfaat jeruk nipis pada mata bisa dirasakan dengan mengonsumsinya bukan menjadikan obat tetes mata.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.