Sukses

Cek Fakta: Foto Ini Bukan Tol Terkeren di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia, foto infrastruktur tersebut diunggah salah sejumlah akun Facebook.

Foto yang diunggah menampilkan ruas jalan yang membentang. Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Jalan Tol terkeren di Indonesia, CIDUMDAWU (CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUHAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung<> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Sebelumnya, Bandung<>Tegal tanpa toll perlu ditempuh 7 jam jika lancar."

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Hanya mau nunjukin foto ini sama Ibas...ūü§≠Jalan Tol terkeren di Indonesia".

Benarkah klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "No, this is not a photo of a toll road built in Indonesia under President Joko Widodo" yang dimuat situs factcheck.afp.com, pada 27 Maret 2019.

Artikel situs factcheck.afp.com mengulas foto yang identik dengan klaim, artikel tersebut menyebutkan,  AFP menetapkan jalan tersebut adalah Jalan Raya Mersin-Antalya di Turki. Berikut adalah posting blog AFP.

Berikut adalah gambar satelit peta Google dari bagian jalan di Turki ini.

Di bawah ini adalah perbandingan berdampingan dari citra satelit dan foto yang digunakan dalam unggahan Facebook Indonesia yang menyesatkan. AFP telah melingkari fitur-fitur utama yang sama:

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia

 

Penenelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Highway in Turkey passed off as Mumbai-Goa national highway built by Modi government" yang dimuat situs altnews.in, pada 29 Januari 2021.

Artikel tersebut juga mengulas foto yang identik dengan klaim,  faktanya foto itu adalah jalan raya Mersin-Antalya. Mersin dan Antalya adalah kota-kota yang menghiasi pantai Mediterania Turki.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia

 

Sumber:

https://factcheck.afp.com/no-not-photo-toll-road-built-indonesia-under-president-joko-widodo

https://www.altnews.in/highway-in-turkey-passed-off-as-mumbai-goa-national-highway-built-by-modi-government/ 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto jalan tol terkeren di Indonesia tidak benar.

Faktanya foto itu adalah jalan raya Mersin-Antalya. Mersin dan Antalya adalah kota-kota yang menghiasi pantai Mediterania Turki.

 

(MG/ Amadea Claritta)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.