Sukses

Sejumlah Situs Diduga Sebarkan Misinformasi Terkait Covid-19

NewsGuard mengumumkan bahwa 519 diduga menerbitkan misinformasi terkait Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - NewsGuard mengumumkan bahwa lebih dari 6.700 situs yang sudah dianalisis, terdapat 519 situs yang telah menerbitkan misinformasi terkait Covid-19.

Menurut NewsGuard, beberapa situs mempublikasikan informasi kesehatan yang meragukan atau teori konspirasi politik, sementara yang lain dibuat khusus untuk menyebarkan informasi yang salah tentang Covid-19.

"Hampir tidak mungkin bagi orang untuk membedakan antara situs yang dapat dipercaya dan tidak," ujar Pendiri NewsGuard, Gordon Crovitz dikutip dari situs usatoday.com, Rabu (08/09/2021).

NewsGuard juga mengidentifikasi 50 mitos vaksin Covid-19 teratas yang menyebar secara online. Mereka termasuk klaim yang dibantah bahwa vaksin mengubah DNA orang dan membuat varian baru virus.

"Itu semua adalah hoaks yang mendapatkan daya tarik, dan kami tahu itu karena kami melihatnya menyebar dari situs ke situs," kata manajer umum NewsGuard, Matt Skibinski.

Dari beberapa situs yang terdaftar di NewsGuard, 339 memiliki audiens yang sebagian besar berbasis di AS. Beberapa di antaranya, termasuk InfoWars dan Mercola.com, memiliki rekam jejak dalam mempromosikan teori konspirasi dan klaim kesehatan yang meragukan.

Sisanya, mencoba menipu orang dengan menggunakan nama domain yang mirip dengan situs berita yang kredibel, seperti WashingtonPosted.news dan Ussanews.com, masing-masing meniru washingtonpost.com dan USNews.com.

Beberapa situs web yang diidentifikasi NewsGuard telah menjadi lebih populer secara online daripada sumber informasi tepercaya tentang Covid-19.

Misalnya, kelompok advokasi anti-vaksin Children's Health Defense telah menerima lebih banyak keterlibatan dalam 90 hari terakhir daripada CDC dan National Institutes of Health. Situs, yang dijalankan oleh advokat anti-vaksin Robert F Kennedy Jr, sebelumnya meragukan keamanan vaksin Covid-19 dan mempromosikan teori konspirasi tentang teknologi 5G.

"Kami telah menilai semua sumber berita dan informasi yang mencakup 97% keterlibatan di AS. Dari jumlah tersebut, 7% menerbitkan informasi yang salah tentang Covid-19," kata Crovitz.

"Itu seolah-olah 7% dari semua kotak sereal mengandung strychnine dan perusahaan sereal berkata, 'Yah, itu hanya 7%.'"

NewsGuard menggunakan NewsWhip, sebuah perusahaan analisis media sosial, untuk mengukur keterlibatan, yang mencakup interaksi media sosial dan lalu lintas situs web. Crovitz memperingatkan agar tidak meremehkan bahaya situs web yang telah menerbitkan informasi yang salah tentang Covid-19 hanya karena mereka membuat sebagian kecil konten.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.