Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Juara Estafet Cupang Masuk Prestasi Non-Akademik Calon Peserta Didik Baru Disdik DKI Jakarta

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta membantah pesan berantai terkait keterangan prestasi Non-Akademik CPDB pada sistem PPDB DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta membantah pesan berantai terkait keterangan prestasi Non-Akademik CPDB pada sistem PPDB DKI Jakarta. Mereka menyebut pesan berantai tersebut hoaks.

Dalam pesan berantai yang ramai dibagikan sejak pekan lalu terdapat gambar pada sistem informasi PPDB yang menampilkan sebuah keterangan prestasi Non-Akademik CPDB dengan tulisan "Juara 2 Perorangan Non Kedinasan Berjenjang Tingkat Kampung "Estafet Cupang".

Dalam postingannya di Instagram akun Disdik DKI Jakarta, @disdikdki yang sudah bercentang biru atau terverifikasi memberikan penjelasan. Postingan tersebut diunggah pada 12 Juni 2021.

"Beredar Informasi Hoaks yang menyatakan bahwa keterangan prestasi Non-Akademik CPDB pada sistem PPDB, yaitu "Juara 2 Perorangan Non Kedinasan Berjenjang Tingkat Kampung "Estafet Cupang", adalah tidak benar, foto tersebut merupakan hasil editan," bunyi pernyataan Disdik DKI dalam postingan itu.

"Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan verifikasi dan validasi terhadap setiap prestasi CPDB yang masuk dan memastikan seluruh prestasi telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku."

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CQBPikkjiqW/

https://www.instagram.com/p/CQBdgIsJqK6/

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinas Pendidikan DKI Jakarta (@disdikdki)

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.