Sukses

Twitter Segera Rilis Tiga Label Baru untuk Lawan Konten Hoaks dan Misinformasi

Twitter segera memperkenalkan tiga label baru untuk menandai konten misinformasi atau hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter segera memperkenalkan tiga label baru untuk menandai konten misinformasi atau hoaks. Peneliti Jane Manchun Wong telah membagikan tangkapan layar, yang mengungkapkan bahwa Twitter sedang mengerjakan tiga tingkat label peringatan.

Tiga label tersebut di antaranya "Get The Latest", "Stay Informed", dan "Misleading". Kepala integritas situs untuk Twitter, Yoel Roth juga mengkonfirmasi bahwa perusahaan sedang mengerjakan label ini dengan me-retweet tweet asli Wong.

Menurut unggahan Wong, Twitter akan menampilkan salah satu dari label peringatan informasi yang salah ini, tergantung pada konten tweet.

Misalnya, jika seseorang men-tweet “Dalam 12 jam, kegelapan akan naik di beberapa bagian dunia. Tetap disini,” lalu Twitter akan menambahkan label "Get The Latest" untuk memberi Anda informasi lebih lanjut tentang konsep zona waktu.

Wong mengatakan jika sebuah tweet mengatakan "Menghirup 60 gram dihidrogen monoksida dan saya merasa tidak enak badan sekarang," maka situs tersebut akan menampilkan label "Stay Informed" untuk menawarkan informasi lebih lanjut.

Contoh ketiga yang dibagikan oleh Wong menunjukkan bahwa jika postingan Anda berisi informasi yang menipu, maka perusahaan akan mengeluarkan label peringatan "Misleading". 

Twitter juga dikatakan sedang mengerjakan langganan berbayar "Blue". Fitur ini memungkinkan Anda mengubah ikon aplikasi, membatalkan tweet, dan banyak lagi. Selain itu, Twitter baru-baru ini meluncurkan beberapa halaman COVID-19 khusus negara bagian di India yang menampilkan tweet terbaru dari orang-orang yang meminta sumber daya SOS.

Saat ini, situs micro-blogging menawarkan tujuh halaman khusus negara bagian, termasuk Chhattisgarh, Delhi, Karnataka, Kerala, Madhya Pradesh, Maharashtra dan Punjab. Perusahaan mengatakan bahwa tempat-tempat ini paling parah terkena dampak COVID-19 dan akan bertambah lagi dalam waktu dekat. Raksasa media sosial itu juga baru-baru ini meluncurkan fitur Ticketed Spaces, yang memungkinkan pembuat konten mengenakan biaya untuk berpartisipasi di Spaces.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.