Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Wendi Cagur Meninggal Dunia pada 8 Mei 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs berita akalsehat.com pada 8 Mei 2021.

Situs berita akalsehat.com memuat artikel berjudul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt".

Selain itu, artikel tersebut juga menampilkan foto Wendi Cagur yang tengah terbaring di atas ranjang rumah sakit. Dalam foto itu juga terlihat artis Ruben Onsu yang tengah menemani Wendi.  

Artikel tersebut juga disebarkan oleh beberapa akun Facebook. Satu di antaranya akun Facebook Sesen pada 8 Mei 2021. Ia pun menambahkan narasi dalam konten yang disebarkannya.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt," tulis akun Facebook Sesen.

Konten yang disebarkan akun Facebook Sesen telah 76 kali dibagikan dan mendapat 1.900 respons dari warganet.

Benarkah kabar Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia. Penelusuran dilakukan memasukkan kata kunci "wendi cagur meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memuat berita tersebut.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah foto yang dimuat artikel tersebut ke situs Yandex. Hasilnya, foto itu ternyata pernah diunggah akun Instagram Ruben Onsu, @ruben_onsu pada 24 Agustus 2018 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @ruben_onsu

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Wendi Cagur, @wendicagur. Akun Instagram @wendicagur terlihat masih aktif mengunggah sejumlah konten pada 8 Mei hingga 10 Mei 2021.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/Bm2SJTNACZF/?hl=id

https://www.instagram.com/wendicagur/

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: