Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Cuplikan Video Ini Ucapan Terakhir Pramugari Sriwijaya Air

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati cuplikan video yang diklaim sebagai ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air.

Video yang diklaim sebagai ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air diunggah akun Facebook Kabar terkini Terupdate, pada 14 Januari 2021.

Video menampilkan seorang perempuan mengenakan masker yang sedang berbicara sambil menangis, video tersebut diberi tulisan "Ucapan Ketrakhir Pramugari Sriwijaya".

Video yang diklaim sebagai ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air tersebut muncul selama 7 detik diawal dari durasi video 4.30 menit. Sedangkan sisa video lainya menampilkan percakapan keluarga dengan korban dalam aplikasi, proses pencarian, suasana haru keluarga dan tangkapan layar berita media online tentang Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh, pada 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu.

Benarkah cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air, video tersebut identik dengan salah satu video yang diklaim sebagai saat-saat terakhir penumpang Sriwijaya Air yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Rangkaian Video Hoaks Saat-saat Terakhir Penumpang Sriwijaya Air"  pada 12 Januari 2021.

Dalam penelusuran tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video menggunakan Yandex dan Google Image. Namun, tidak ada situs yang merujuk pada video tersebut. Kemudian penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi akun TikTok @cckimberlyangcay yang tercantum pada klaim video.

Akun TikTok @cckimberlyangcay mengunggah video yang identik, pada 24 Oktober 2020, diberi keterangan sebagai berikut: 

"MY LAST FLIGHT AS A CABIN CREW vlog 🥺💛 yt link in my bio 🥰"

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya Air tidak benar.

Cuplikan video ucapan terakhir Pramugari Sriwijaya tersebut telah beredar sebelum peristiwa jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh, pada 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu dan tidak ada kaitanya dengan kecelakaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.