Sukses

Cek Fakta: Video Ini Bukan Detik-Detik Pesawat Sriwijaya Air Meledak

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim detik-detik pesawat Sriwijaya Air meledak beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Mas Gun Guriru.

Video berdurasi 20 detik itu memperlihatkan suasana kabin pesawat yang penuh penumpang. Tayangan video tampak tidak stabil, seakan terjadi guncangan di dalam pesawat.

Akun Facebook Mas Gun Guriru kemudian mengaitkan video tersebut dengan detik-detik sebelum pesawat Sriwijaya Air meledak.

"Detik" sebelum pesawat Sriwijaya air meledak," tulis akun Facebook Mas Gun Guriru.

Video yang disebarkan akun Facebook Mas Gun Guriru telah 1.800 kali ditayangkan dan mendapat 4 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan rekaman detik-detik sebelum pesawat Sriwijaya Air meledak? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim detik-detik pesawat Sriwijaya Air meledak. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "More than 30 injured as turbulence hits Etihad Airways flight to Indonesia" yang dimuat situs theguardian.com pada 5 Mei 2016.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs theguardian.com

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa rekaman video itu merupakan peristiwa turbulensi yang dialami maskapai penerbangan Etihad Airways saat perjalanan dari Abu Dhabi menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten.

Peristiwa itu terjadi pada 4 Mei 2016 lalu. Dalam insiden tersebut, 31 penumpang dan awak pesawat mengalami luka.

"Sebanyak 31 penumpang dan awak mengalami luka-luka. Dua puluh dua orang telah dibebaskan dari klinik bandara setelah dirawat oleh paramedis karena luka ringan. Sembilan penumpang lainnya dan seorang awak dibawa ke rumah sakit setempat," demikian pernyataan Etihad Airways.

Meski sempat mengalami turbulensi, penerbangan Etihad Airways EY474 akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com juga menemukan video serupa di situs berbagi video YouTube. Video itu diunggah oleh Channel YouTube CNN pada 4 Mei 2016 dengan judul "Heavy turbulence scares passengers on Ethiad flight".

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube CNN

"Dewi Rachmayani took this video from inside an Etihad Airways flight traveling from Abu Dhabi to Jakarta when turbulence shook the cabin," tulis Channel YouTube CNN.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim detik-detik pesawat Sriwijaya Air meledak ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun Facebook Mas Gun Guriru merupakan peristiwa turbulensi pesawat Etihad Airways saat terbang dari Abu Dhabi ke Jakarta pada 4 Mei 2016 silam.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: