Sukses

Cek Fakta: Hoaks Aturan Baru Facebook yang Bebas Menggunakan Postingan Pemilik Akun

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tentang aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun.

klaim aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun beredar pada aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut isinya:

"PERINGATAN..!!!

Jangan lupa besok mulai aturan Facebook yang baru, di mana mereka dapat menggunakan segala material postingan anda. Jangan lupa batas waktunya hari ini!!! Mereka dapat mengunakannya dalam perkara litigasi terhadap diri anda di pengadilan atas semua postingan yg telah terpublikasi mulai hari ini, bahkan pesan yang telah terhapus.

Tidak ada biaya untuk salinan ini dan posting status ini di halaman Facebook anda, segera deklarasikan hari ini, lebih baik aman daripada menyesal nanti.

Saya deklarasikan bahwa saya tidak memberikan izin kepada Facebook atau entitas yang terkait dengan izin Facebook untuk menggunakan material postingan apapun termasuk photo, gambar, informasi, pesan, atau email saya, baik di hari ini, di masa lalu maupun di masa depan.

Dengan deklarasi ini, saya beritahukan kepada Facebook bahwa dilarang keras untuk mengungkapkan, menyalin, mendistribusikan, atau mengambil tindakan lain terhadap diri saya berdasarkan profil Facebook ini dan/atau isi dan informasinya.

Pelanggaran privasi dapat dituntut secara hukum di pengadilan baik perdata ataupun pidana.

Hati² !!!

Facebook sekarang menjadi entitas publik. Semua anggota wajib memposting catatan seperti ini.

Jika ikut memberikan deklarasi atas hal ini, anda dapat menyalin dan menempel postingan status ini. Jika Anda tidak memberikan deklarasi tentang hal ini setidaknya satu kali, seakan secara eksplisit atau implisit memberikan izin terhadap berbagai kemungkinan penggunaan status, postingan, foto anda, serta informasi material lain yang terkandung dalam pembaruan status profil Facebook anda.

POSTINGAN INI JANGAN DIBAGIKAN !!!!, TAPI SALIN DAN TEMPEL DI HALAMAN ANDA.

Algoritma baru mereka memilih beberapa orang yang sama, sekitar 25 orang yang akan membaca postingan Anda.

Caranya :

Tahan jari anda pada postingan ini dan "salinan" akan muncul. Klik "salin". Lalu buka halaman anda, mulai postingkan baru dan letakkan jari anda di mana saja di kolom kosong. "Tempel" akan muncul dan klik tempel.

Ini akan melewati sistem.

SAYA TIDAK MEMBERI IZIN FACEBOOK UNTUK MEMBAGIKAN MATERIAL APAPUN, YANG TELAH SAYA POSTING DI SITUS MEREKA, BAIK POSTINGAN DI HARI INI, DI MASA LALU DAN DI MASA YG AKAN DATANG SERTA INFORMASI LAINNYA, TERMASUK PHOTO2, NOMOR TELEPON ATAU EMAIL.

TIDAK ADA YANG DAPAT DIGUNAKAN DALAM BENTUK FORMULIR APAPUN TANPA IZIN DARI SAYA!

Wassalam"

Benarkah informasi tentang aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tentang aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun.

Dengan mengunjungi halaman pada Facebook.

Pada halaman tersebut, Fecebook pun telah membuat pernyataan tentang bantahan atas informasi untuk mempertahankan kontrol atas postingan yang bagikan di Facebook dan privasi materi unggahan.

Berikut informasi tersebut:

"Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu. Ketentuan kami sangat jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah.

Anda dapat mengunjungi Dasar-Dasar Privasi untuk menemukan lebih banyak tentang siapa yang melihat kiriman Anda di Facebook dan topik lainnya.

Anda juga dapat membaca Kebijakan Data untuk menemukan informasi apa yang kami kumpulkan dan cara kerja dan cara membagikannya. Kami ingin Anda mengetahui dan mengontrol pengalaman Anda di Facebook."

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi tentang aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun tidak benar.

Facebook telah membantah informasi informasi tentang aturan baru Facebook yang bebas menggunakan postingan pemilik akun dan menjamin privasi materi yang diunggah.

 

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut