Sukses

Cek Fakta: Hoaks Tangkapan Layar Mencatut Artikel Liputan6.com Empat Pengikut Rizieq Shihab Tergeletak di Tengah Jalan

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan."

Tangkapan layar artikel Liputan6.com tersebut beredar pada aplikasi percakapan WhatsApp.

Tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan." terdapat keterangan penulis dan waktu artikel dimuat, serta foto empat orang yang sedang tiduran di jalan raya mengenakan pakaian yang minim.

Benarkah klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan, dengan mencari artikel tersebut di situs Liputan6.com.

Berdasarkan penelusuran dengan mencocokkan waktu artikel dimuat dan nama penulis, mengarah pada artikel berjudul "Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak". Pada artikel tersebut terdapat kesamaan nama penulis Ady Anugrahadi dan waktu muat artikel, pada 7 Desember 2020, pukul 13.30 WIB.

Namun, terdapat perbedaan foto yang dicantumkan dalam artikel tersebut. Pada artikel Liputan6.com "Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak" foto yang dimuat adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berkunjung ke Markas Polsek Cengkareng, Jakarta Barat.

Berikut persamaan dan perbedaannya:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan

Redaktur Pelaksana News Liputan6.com Andry Haryanto menyatakan, klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan tidak benar. Tangkapan layar artikel tersebut telah diedit dari aslinya.

"Itu hoaks, saya menyayangkan adanya perbuatan mengubah berita Liputan6.com, ini tidak bisa dimaklumi karena akan meruncing permasalahan," kata Andry saat berbincang dengan Liputan6.com.

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri foto yang dicantumkan pada klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com. Penelusuran dilakukan dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan

 

Penelusuran mengarah pada situs memecenter.com, dalam situs tersebut terdapat gambar empat orang berpakaian minim identik dengan foto yang dicantumkan pada klaim tangkapan layar.

Foto tersebut merupakan meme dari Filipina yang dimuat sejak 8 tahun lalu.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan tidak benar.

Tangkapan layar artikel tersebut telah mengubah judul dan foto dari artikel asli. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini