Sukses

Cek Fakta: Hoaks Nike Bagi-Bagi Ribuan Sepatu dan Masker, Ini Buktinya

Klaim Nike bagi-bagi sepatu ini beredar pada Minggu (29/11/2020) pagi WIB. Disebutkan kalau Nike bakal membagikan 3.100 sepatu di hari ulang tahun mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi di WhatsApp Group yang menyebut salah satu perusahaan sepatu ternama, Nike, merayakan ulang tahun. Informasi itu mengklaim Nike membagikan ribuan sepatu dan masker secara gratis.

Klaim Nike bagi-bagi sepatu ini beredar pada Minggu (29/11/2020) pagi WIB. Klaim yang beredar itu juga membagikan sebuah link untuk mendapatkan sepatu secara gratis.

Berikut narasinya:

"WOW!

🎉Perayaan ulang tahun Nike🎉

Nike menawarkan 3100 Sepatu, T-shirt dan Masker Gratis untuk semua orang

Menerima instruksi:

1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi sekali

2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali

3. Kegiatan Kesejahteraan tidak memerlukan biaya apapun

Dapatkan milikmu di sini GRATIS https://svip005.top/j/?c=nk"

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk memastikan kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com  menelusuri klaim Nike bagi-bagi sepatu melalui mesin pencari, Google Search. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Cyber Print dengan artikel berjudul: "FAKE NIKE WEBSITE STEALS DATA AND IS MASSIVELY SHARED THROUGH WHATSAPP".

Disebutkan dalam artikel tersebut, klaim yang menyebut Nike bagi-bagi sepatu untuk merayakan ulang tahun sudah ada sejak awal tahun 2018. Cyber Print juga menyebut klaim ini akan mencuri data pribadi orang yang mengklik tautan yang tercantum.

Aksi pencurian data ini akan menyebabkan reputasi seseorang menjadi rusak karena bisa digunakan untuk tindak kejahatan. Terlebih domain yang digunakan tidak mengarah ke situs asli Nike, yakni https://www.nike.com.

Biasanya, menurut artikel di Cyber Print, klaim Nike bagi-bagi sepatu di hari ulang tahun akan menggunakan domain hxxp: // www [dot] xn - ike-h5y [dot] com / gratis-schoenen /. Domain itu akan mengarahkan Anda untuk mengisi data pribadi yang bisa dicuri.

Klaim serupa juga pernah dibuat Cek Fakta Liputan6.com. Namun ketika itu klaimnya tidak mengatasnamakan Nike, melainkan Adidas. Untuk membaca artikelnya, klik tautan ini.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Nike bagi-bagi ribuan sepatu dan masker adalah informasi yang hoaks. Sebab, pihak Nike Indonesia tidak membuat program seperti itu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.