Sukses

Cek Fakta: Benarkah Bunglon Bisa Ganti Warna Jika Hinggap di Pensil? Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Di aplikasi TikTok, ada sebuah video yang memperlihatkan seekor bunglon berganti warna sesuai dengan warna pensil yang dihinggapinya. Video ini beredar di TitTok pada pertengahan November 2020.

Dalam video yang diunggah pemilik akun Overtim, bunglon itu berubah warnanya seperti warna pensil, biru, kuning, jingga, dan merah jambu.

Perubahan warna pada bunglon di dalam video tersebut menjadi viral. Sebabnya, bunglon biasa berubah ketika berada di batang pohon, rumput, atau daun.

Video mengenai perubahan warna bunglon sesuai warna pensil sudah mendapat 1,1 juta like, 12,3 komentar, dan dilihat lebih dari 6 juta kali oleh pengguna TikTok lainnya.

Lalu, benarkah bunglon bisa berubah warna bila hinggap di sebuah pensil?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mengunakan pencarian gambar terbalik, Google Images, untuk mencari kebenaran video tersebut. Video itu, rupanya pertama kali berada di ruang digital setelah diunggah pemilik akun Instagram @pardalischamereon pada 21 Juni 2020.

Dalam keterangan di akun Instagram untuk video itu, @pardalischamereon memberikan caption sebagai berikut:

"Ini adalah film komposit. Perubahan warna dalam video ini dilakukan dengan perangkat lunak Adobe Premiere Pro.

Saya ingin terhubung dengan orang-orang yang menyukai reptil. Saya menyukai reptil."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by るーく (@pardalischamereon)

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Snopes dengan judul berita: "Is a Chameleon Changing Colors as It Climbs Colored Pencils in This Video?". Artikel itu dipublikasikan pada 17 November 2020.

Artikel ini mengambil penjelasan dari ahli genetika evolusioner di Universitas Jenewa sekaligus pakar hewan, Michel Milinkovitch. Dia memastikan kalau bunglon tidak bisa mengubah warnanya bila berada di benda mati.

"Orang-orang percaya bahwa jika Anda meletakkan bunglon di papan catur, bunglon akan bersembunyi dengan mengambil pola atau warna yang sama, tetapi ini tentu saja tidak benar," katanya.

Dijelaskan oleh Michel Milinkovitch, bunglon umumnya berubah warna karena dua alasan, yakni untuk mengatur panas tubuh dan untuk berkomunikasi.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut bunglon bisa berubah sesuai warna pensil adalah salah. Sebab, video yang beredar di TikTok itu merupakan hasil manipulasi.

Faktanya, bunglon mengubah warna dengan dua alasan, untuk mengatus panas tubuh dan berkomunikasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: