Sukses

Cek Fakta: Hoaks Cristiano Ronaldo Bagi-Bagi Uang Lewat Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pemain sepakbola, Cristiano Ronaldo menggelar bagi-bagi uang di Facebook beredar di media sosial. Adalah akun Facebook Special Accun live yang mengklaim Ronaldo membagikan uang.

Akun Facebook Special Accun live mengunggah video siaran langsung. Dalam video tersebut tampak Cristiano Ronaldo tengah berbicara di depan kamera.

Ia tampak duduk bersama anak-anaknya di teras rumah. Ia juga kemudian berbincang dan menyapa penggemarnya.

Akun Facebook Special Accun live mengklaim bahwa Ronaldo tengah menggelar giveaway.

"Pengemarku yang ada di berbagai negara untuk 5000 orang pertama yang menebak potoku dengan benar saya akan mengasih hadiah uang tunai sebesar $ 1000 ūüĒäLANGSUNG CAIR MALAM INI BOSSKU," tulis akun Facebook Special Accun live.

Konten yang disebarkan akun Facebook Special Accun live telah 531 kali dibagikan dan mendapat 1.100 komentar warganet.

Benarkah Cristiano Ronaldo bagi-bagi uang lewat Facebook? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang pemain sepakbola, Cristiano Ronaldo bagi-bagi uang lewat akun Facebook Special Accun live.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "cristiano ronaldo giveaway".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar bahwa Cristiano Ronaldo bagi-bagi uang lewat Facebok. Satu di antaranya artikel berjudul "HOAX: This post offering Facebook users $20,000 from Cristiano Ronaldo is fake" yang dimuat situs pesacheck.org pada 6 Agustus 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa konten berisi klaim Cristiano Ronaldo bagi-bagi hadiah uang di Facebook ternyata juga sempat ditemukan pada Agustus 2020 lalu.

Adalah akun Facebook Ronaldo-CR-7 Live Stream yang mengunggah konten penipuan tersebut. Konten tersebut berisi narasi 1.000 orang pertama yang menulis "TINGGAL RUMAH" di bagian komentar akan menerima hadiah $ 20.000 dari bintang sepak bola.

Transparansi Halaman Facebook untuk akun tempat postingan dibuat menunjukkan akun 'Streaming Langsung Ronaldo-CR-7' dibuat pada 6 Agustus 2020, dan postingan tersebut dibagikan 10 hari kemudian, pada 16 Agustus.

Halaman Facebook Cristiano Ronaldo yang asli dibuat pada 7 Mei 2009 dan punya lebih dari 122 juta pengikut serta diverifikasi dengan tanda centang biru. Selain itu, halaman resmi pesepakbola tidak memuat pengumuman pemberian uang tunai.

PesaCheck telah melihat postingan Facebook yang mengklaim milik pesepakbola Cristiano Ronaldo dan memberikan $ 20.000 sebagai bantuan COVID-19 kepada para penggemar dan menganggapnya sebagai hoaks.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang pemain sepakbola, Cristiano Ronaldo bagi-bagi uang lewat akun Facebook Special Accun live ternyata tidak benar. Akun Facebook Special Accun live bukan resmi dikelola oleh Ronaldo. Konten yang disebarkan akun Facebook Special Accun live masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.