Sukses

Cek Fakta: Pernyataan Syekh Ali Jaber Ini Tak Terkait dengan Nikita Mirzani

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tanggapan Syekh Ali Jaber  terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te. Tanggapan tersebut berupa pernyataan "jangan pandang buruk wanita tak berjilbab".

Klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te diunggah akun Facebook Hajja Sopiah Priantna, pada 17 November 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul artikel situs KININEWS.COM. Berikut judul artikel tersebut:

"Nikita Mirzani Disindir Lo*Te, SYekh Ali Jaber: Jangan Pandang Buruk Wanita Tak Berhijab"

Unggahan tangkapan layar tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Ulama kondang Syekh Ali Jaber angkat bicara terkait perseteruan artis Nikita Mirzani dengan Ustadz Maaher At-Thuwailibi.

Dia mengingatkan semua orang agar tidak gampang menghakimi seseorang, termasuk perilaku dan cara berpakaian seseorang.

”Kalau urusan sama orang, jangan menghakimi orang. Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk.

Barang kali dia punya dua rakat (sholat) tahajud di sisi Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ujarnya dalam Podcast Deddy Corbuzier bersama Gus Miftah, Senin (16/11/2020).

”Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barang kali tidak ada manusia lain yang tahu.

Bisa jadi sebab kebaikan itu antar dia sama Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” sambung Ali Jaber..@copas Benny Anjaspati.."

Benarkah klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*nte? simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusaran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te, dengan menjadikan keterangan dari tangkapan layar klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te.

Keterangan tersebut bersumber dari tayang video akun YouTube Deddy Corbuzier berjudul "Syekh Ali Jaber, Saya Pasrah. Deddy Corbuzier Podcast" yang dimuat, pada 16 September 2020.

Cek Fakta Liputan6.com pun menelusuri klaim tanggapan Syekh Ali Jaber atas sindiran lo*te untuk Nikita Mirzani, dengan menyaksikan video yang diunggah akun YouTube Deddy Corbuzier berjudul "Syekh Ali Jaber, Saya Pasrah. Deddy Corbuzier Podcast".

Setelah menyaksikan video tersebut, pada menit 32 detik 11, Syekh Ali Jaber memang mengeluarkan pernyataan yang identik dengan keterangan pada klaim. Namun, konteks pernyataan tersebut tidak terkait dengan sindiran lo*te untuk Nikita Mirzani, tetapi terkait nasihat manusia agar tidak menghakimi manusia lain melebihi Allah.

Berikut transkrip pernyataanya:

"Saya termasuk dikomunitas saya sering bilang jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahujud di sisi Allah bisa menyebabkan terampuni semua dosanya.

Kita tidak tau apa urusan manusia sama Allah, masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barangkali tidak semua manusia pun tau, bisa sebab kebaikan itu yang dia antara dia sama Allah bisa menyebabkan terampuni semua dosanya."

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te tidak benar.

Syekh Ali Jaber memang mengeluarkan pernyataan yang identik dengan keterangan pada klaim. Namun, konteks pernyataan tersebut tidak terkait dengan sindiran lo*te untuk Nikita Mirzani, tetapi terkait nasihat agar manusia tidak menghakimi manusia lain melebihi Allah.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini