Sukses

Kumpulan Informasi Hoaks Seputar Kartu Prakerja

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar program Kartu Prakerja tentu menjadi buruan sebagian masyarakat. Pasalnya, program tersebut membantu para pencari kerja dan pekerja formal atau informal yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi Covid-19.

Informasi seputar program Kartu Prakerja pun beredar di tengah masyarakat. Namun, ketika menerima informasi tersebut sebaiknya tidak langsung percaya dan dipastikan dulu kebenarannya, sebab tidak semua informasi benar.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi terkait program Kartu Prakerja yang beredar. Hasilnya, sebagian informasi tersebut salah bahkan hoaks.

Berikut informasi hoaks seputar program Kartu Prakerja hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Program Prakerja dengan Iming-Iming Kartu Bahan Bakar Shell Indonesia

Program Prakerja dengan Iming-Iming Kartu Bahan Bakar Shell Indonesia

Beredar informasi yang menyebutkan adanya program pendaftaran prakerja. Kali ini, ada iming-iming mendapatkan kartu bahan bakar dari perusahaan minyak, Shell.

Informasi yang beredar berantai melalui aplikasi percakapan WhatsApp ini menyebutkan, pendaftar yang sudah mengisi data pribadi bisa langsung mendapatkan kartu bahan bakar dari Shell.

Berikut narasi yang beredar:

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar

Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.

Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah

Langkah untuk mendaftar Prakerja

👉Kunjungi situs web di bawah ini

👉Isi formulir data diri

👉Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

👉Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://(Link diedit)/"

Benarkah ada program prakerja yang menjanjikan kartu bahan bakar Shell sebanyak Rp 600 ribu?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi yang menyebut program prakerja yang menjanjikan kartu bahan bakar Shell sebanyak Rp 600 ribu dipastikan hoaks.

PT Shell Indonesia menghimbau masyarakat mewaspadai penipuan bermodus penawaran untuk pendaftaran Program Prakerja dengan janji/iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell bernominal tertentu.

3 dari 4 halaman

2. Cara Mengetahui Dapat Bantuan Prakerja sebesar Rp 600 Ribu

Cara Mengetahui Dapat Bantuan Prakerja sebesar Rp 600 Ribu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mendapat bantuan Prakerja sebesar Rp 600 ribu, informasi cara mendapat bantuan Prakerja sebesar Rp 600 ribu beredar secara berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut isinya:

"Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerjaKartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biayayang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja

âš« Kunjungi situs https://prakerja.vip

âš« Isi formulir data diri

âš« Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

âš« Bantuan akan dikirim melalui rekening bankharap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://prakerja.vip"

Benarkah informasi cara mendapat bantuan Prakerja sebesar Rp 600 ribu?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi cara mendapat bantuan Prakerja sebesar Rp 600 ribu dengan mendaftar melalui lamat situs https://prakerja.vip tidak benar.

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.ă…¤

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.