Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar BRI Terbitkan Foto Imbauan untuk Penerima Bantuan BPUM

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto himbauan dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta.

Klaim foto himbauan dari BRI untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta tersebut berupa foto yang tersebar secara berantai melalui aplikasi pecakapan WhatsApp.

Berikut isi himbauan tersebut:

"HIMBAUAN DARI BANK BRI

Buat Yang DAPAT BANTUAN BPUM SEBESAR Rp 2.400.000. Tapi DIKETAHUI TIDAK MEMILIKI USAHA ATAU TIDAK MEMILIKI DAGANGAN MAKA HATI-HATI.

SUATU SAAT NANTI AKAN ADA TIM SURVEI YANG AKAN TURUN KELAPANGAN DAN JIKA ADA PENERIMA BANTUAN TERSEBUT DIKETAHUI TIDAK MEMILIKI USAHA ATAU TIDAK MEMILIKI DAGANGAN TAPI MENDAPATKAN BANTUAN BPUM INI MAKA BANTUAN TERSEBUT AKAN MASUK KEDALAM PINJAMAN YANG HARUS DIKEMBALIKAN.

KECUALI JIKA BENAR MEMILIKI USAHA ATAU DAGANGAN MAKA BPUM INI MUTLAK BANTUAN BUKAN PINJAMAN.

Cirebon, 23 Oktober 2020

BANK BRI"

Benarkah klaim foto imbauan BRI untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim imbauan dari BRI untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta dengan menghubungi pihak BRI.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, BRI tidak pernah mengeluarkan foto imbauan untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta.

"Bank BRI tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi seperti foto diatas," kata Aestika saat berbincang dengan Liputan6.com.

Dia pun memastikan, imbauan imbauan untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta tersebut tidak benar.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto imbauan untuk penerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta tidak benar.

Bank BRI tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi seperti foto klaim.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.