Sukses

Informasi Undian hingga Kompensasi Mencatut Perusahaan Energi, Hoaks atau Fakta?

Sejumlah informasi hoaks yang mencatut perusahaan energi,

Liputan6.com, Jakarta- Derasnya arus informasi yang beredar di dunia nyata dan nyata harus disikapi dengan bijak, sebelum mempercayainya sebaiknya kita memastikan kebenarannya terlebih dahulu. Pasalnya, jika mempercayai informasi yang salah atau hoaks bisa menimbulkan kerugian.

Informasi hoaks pun bisa menyerang siapa saja, di antaranya perusahaan energi. Informasi tersebut pun beragam, dari pembagian hadiah hingga pemberian kompensasi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi hoaks yang mencatut perusahaan energi, berikut daftarnya:

1. Pertamina Bagi-bagi Cek Tunai Rp 150 Juta Lewat SMS

Klaim PT Pertamina (Persero) membagikan cek tunai senilai Rp 150 juta beredar di media sosial. Klaim ini beredar lewat pesan berantai pada 31 Agustus 2020.

Pesan tersebut dikirim lewat SMS. Dalam pesan tersebut, si pengirim mengklaim bahwa penerima pesan mendapat cek tunai sebesar Rp 150 juta dari PT Pertamina (persero).

Selain itu, si pengirim pesan juga menyertakan tautan dalam pesan tersebut. Berikut isi pesannya:

Selamat..!Anda T-pilih

Dlam Program PT.Pertamina Persero

Mndptkan Cek.Tunai Rp 150 jt

KODE ID 385ua27

U/info cek di

https://bit.ly/info-pertamina69

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim PT Pertamina (Persero) membagikan cek tunai senilai Rp 150 juta lewat SMS ternyata tidak benar alias hoaks. SMS tersebut bukan berasal dari Pertamina dan diduga merupakan modus penipuan.

  

2. Kabar Viral PLN Berikan Kompensasi Penerapan WFH

Beredar kabar PT PLN (Persero) memberikan kompensasi untuk pelanggannya atas Penerapan bekerja dari rumah atau Working Form House (WFH).

Berikut isi pesan tersebut:

"Halo, just info.

Bulan ini ada kompensasi dari PLN karena pada WFH,

klik link dibawah :https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html

Lumayan tambahan listrik dikit.

Khusus Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat"

Kabar tersebut tersebar melalui pesan berantai jejaring sosial WhatsApp sejak akhir pekan lalu.

Dalam keterangan kompensasi PLN terdapat tautan berupa https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html.Jika dibuka tautan tersebut mengarah pada lembar registrasi.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar PLN berikan kompensasi atas penerapan WFH adalah hoaks, pihak PLN telah membatah ada pemberian kompensasi atas penerapan WFH.

Tautan yang dibagikan melalui pesan berantai tersebut, adalah kompensasi yang pernah diberikan oleh PLN pada saat padam listrik yang terjadi pada Agustus 2019 lalu. Bukan kompensasi karena adanya Work From Home.

 

3. Program Prakerja dengan Iming-Iming Kartu Bahan Bakar Shell Indonesia

Beredar informasi yang menyebutkan adanya program pendaftaran prakerja. Kali ini, ada iming-iming mendapatkan kartu bahan bakar dari perusahaan minyak, Shell.

Disebutkan pendaftar yang sudah mengisi data pribadi bisa langsung mendapatkan kartu bahan bakar dari Shell. Begini narasi yang beredar:

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar

Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.

Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah

Langkah untuk mendaftar Prakerja

👉Kunjungi situs web di bawah ini

👉Isi formulir data diri

👉Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

👉Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://(Link diedit)/"

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Informasi yang menyebut program prakerja yang menjanjikan kartu bahan bakar Shell sebanyak Rp 600 ribu dipastikan hoaks. Faktanya, PT Shell Indonesia tidak memberikan janji atau iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell bernominal tertentu untuk pendaftaran program prakerja.

 

4. Undian Berhadiah Catut Nama Pertamina

Media sosial WhatsApp Grup sedang ramai membicarakan undian berhadiah yang mengatasnamakan PT Pertamina Persero. Disebutkan dalam sebuah pesan singkat, seseorang dinyatakan sebagai pemenang uang hingga mobil.

Undian tersebut dikirimkan oleh nomor yang tidak dikenal. Begini narasi undian berhadiah yang mencatut nama PT. Pertamina Persero:

"PT.PERTAMINA PERSERO

YTH

selamat anda Terpilih mendapatkn HADIAH dgn kode ID PIN anda (385ua27)

U/Info Cek langsung di:http://www.(edit)"

Di link yang disebutkan dalam narasi, pemenang harus mengikuti sejumlah persyaratan untuk mengambil hadiahnya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, undian berhadiah melalui pesan singkat yang mencatut PT. Pertamina Persero adalah hoaks. Melalui situ resminya, Pertamina memastikan pesan singkat berupa undian berhadiah itu palsu.

Faktanya, seluruh program promosi dan hadiah dari Pertamina tidak dipungut biaya karena sudah ditanggung oleh perseroan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini