Sukses

5 Hoaks Foto Terbaru, dari Ibu Kota Terkepung sampai TKA China Mendarat di Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta Foto merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyebar informasi hoaks, manipulasi foto dan keterangan yang tidak sesuai fakta bisa menyesatkan jika informasi tersebut langsung dipercaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi foto yang beredar di tengah masyarakat, dari foto yang diklaim ibu kota sudah dikepung oleh demonstran hingga kedatangan tentara China ke Indonesia. Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut tidak benar alias hoaks

Berikut 5 foto hoaks yang beredar di dunia maya hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Ibu Kota Terkepung

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto ibu kota terkepung

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim ibu kota terkepung.

Ada tiga bagian foto yang diunggah, ketiganya menampilkan ribuan orang yang sedang berkerumun, kemudian salah satu dari foto tersebut terdapat sejumlah orang mengibarkan bendera.

Foto tersebut kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"IBUKOTA TERKEPUNG

PENGAMAT SENIOR MENGATAKAN BILA SAMPAI TERJADI TERUS DALAM BEBERAPA HARI KE DEPAN..BISA DI PASTIKAN INSHA ALLAH TERJADI PEMAKZULAN PRESIDEN...GAZPOOL"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto ibu kota terkepung tidak benar.

Ketiga foto klaim yang diunggah tidak membuktikan pengepungan ibu kota, dua foto merupakan peristiwa aksi demonstrasi di lokasi yang sama, di Sukalarang Sukabumi.

Foto berikutnya adalah aksi demonstrasi buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI), demo yang dilakukan di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, (25/8/20). Aksi tersebut untuk menolak draft Omnibuslaw RUU Cipta Kerja, peristiwa dalam foto tersebut terjadi sebelum Rancangan Undang-Undang Omnibus Law disahkan menjadi Undang-Undang.

 

2.  Foto Mobil Ambulans Terbakar Tengah Membawa Jenazah

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Ambulance Terbakar

Sebuah foto ambulans yang terbakar dan diklaim tengah membawa jenazah beredar di media sosial.

Dalam Foto tersebut, tampak sebuah mobil ambulans terbakar di tengah jalan. Mobil tersebut sudah hangus akibat dilahap si jago merah.

Terdapat juga gambar seseorang berpakaian serba putih mirip jenazah dibungkus kain kafan tengah mengendarai sepeda. Foto tersebut kemudian berisi narasi sebagai berikut:

"Mobil Ambulance Membawa Jenazah Terbakar. Untungnya Jenazah Cepat Melarikan Diri"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto ambulans yang terbakar dan diklaim tengah membawa jenazah ternyata tidak benar. Ambulans yang terbakar tersebut diketahui tidak tengah membawa jenazah.

Peristiwa kebakaran ambulans itu terjadi di Kabupaten Karimun pada Agustus 2017 silam. Sedangkan foto seseorang berpakaian serba putih mirip jenazah dibungkus kain kafan tengah mengendarai sepeda tidak ada kaitannya dengan foto ambulans terbakar.

 

3. Foto Ini TKA Sudah Mengambil Alih Pekerjaan Tukang Becak

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan tukang becak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Tenaga Kerja Asing (TKA) sudah mengambil alih lapangan pekerjaan tukang becak.

Foto yang diunggah menampilkan seorang wanita berambut pirang sedang mengemudikan becak dengan penumpang seorang lelaki.

Pada foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"Waspada Tenaga Kerja Asing Sudah mulai mengambil alih".

Foto tersebut diberi keterangan berikut:

"🤣🤣🤣😇"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto TKA mengambil alih pekerjaan tukang becak tidak benar. 

Foto sebenarnya adalah wisatawan asing di Kota Ho Chi Minh, Vietnam yang meminta bertukar posisi menjadi pengemudi becak dan pengemdu sebenarnya menjadu penumpang.

 

4. Foto Penampakan PKI

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan PKI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim penampakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Foto yang diunggah menampilkan sejumlah orang membawa senjata laras panjang dengan wajah ditutupi masker berwarna merah, di belakang foto tersebut terdapat bendera palu arit berwarna kuning dengan latar belakang warna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Buat yang selalu tanya mana PKI nya , tunjukkan ke Saya , Las ini kan PKI nya !"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto penampakan PKI tidak benar.

Foto tersebut bukan penampakan PKI, tetapi Pemberontak Komunis Filipina dari Komando Regional Chadli Molintas, yang melakukan upacara untuk memperingati tahun ke-48 Tentara Rakyat Baru (NPA) di sebuah kamp, pada tanggal 2 April 2017 di pedalaman terpencil di Provinsi Mountain, Filipina.

 

5.Foto Rombongan TKA China Berseragam Mendarat di Bandara Soetta

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Rombongan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

Sebuah foto yang diklaim rombongan TKA China mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten beredar di media sosial.

Dalam foto tersebut, terdapat beberapa orang berseragam tengah berdiri di lobi bandara. Mereka tampak membawa koper dan tas.

Foto tersebut dikaitkan dengan rombongan TKA China yang baru saja mendarat di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Banten.

Dengan diberi keterangan sebagai berikut:

"Rombongan TKA China illegal berseragam ini, tadi pagi mendarat Terminal-3 Bandara Soetta, PKI akan semakin berani beraksi krn tlh diback up oleh tentara merah yg jmlhny sekarang sdh bnyk, mereka masuk ke tanah air kita dgn bebasnya, aprt kita diam aja, pura pura buta mata, dan buta hati thdp rkyt Ind, spt negeri ini sbg negeri mereka sendiri, dan mereka akn membaur dg polisi/satpol PP , apbl ada keributan massa, yg sengaja mereka sulut , pasukan merah akn turut serta membantu dg begitu cpt dan dan tepat dlm menghabisi Islam, sedang TNI sdh dimandulkan krn persenjataannya lbh canggih polisi, hal ini memang tlh sdh dibuat demikian oleh rezim, krn komunis tlh menaruh dendam pd TNI, jadi sewaktu waktu ada pergerakan rakyat ut melawan PKI, tentara tdk bisa bnyk berbuat ut rakyat, wlpn bgt rkyt tdk boleh menyerah, TNI akan tetap memback up rakyat, dgn kemampuan persenjataan apa yg dimiliki sampai titik darah penghabisan.Ummat islam selalu waspada jangan mudah digesek oleh mrk"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim rombongan TKA China mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten ternyata tidak benar.

Dari hasil penelusuran, foto sejumlah orang berseragam warna krem itu adalah penumpang yang hendak terbang ke luar negeri. Bukan TKA China yang baru tiba.

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.