Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Rombongan FPI Bermotor saat Demonstrasi 13 Oktober 2020

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rombongan FPI bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020.

Klaim video rombongan FPI bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020 dimuat akun Facebook Allea Muraya, pada 13 Oktober 2020.

Video yang beredar menanyangkan sejumlah orang mengenakan peci dan baju putih mengendarai sepeda motor di area bundarahan Tugu Selamat Datang, Jakarta.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"SELASA, 13 OKTOBER 2020

SITUASI TERKINI DI BUNDARAN HI JAKARTA

ORMAS eFPi SUDAH BANYAK YANG BERDATANGAN..

.ALLAHU AKBAR ☝️

🇲🇨🇲🇨🇲🇨✊✊✊"

Benarkah video rombongan FPI bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan FPI  bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020, dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan bermotor FPI saat demonstrasi 13 Oktober 2020

 

Penelusuran mengarah pada video YouTube berjudul "Konvoi Fpi, ormas paling disegani dijakarta#" yang diunggah akun YouTube Ali Indo celukan bawang, pada 28 Mei 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan bermotor FPI saat demonstrasi 13 Oktober 2020

 

Video yang diunggah akun YouTube Ali Indo celukan bawang identik dengan klaim video rombongan FPI  bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020. Namun, video tersebut beredar sebelum 13 Oktober 2020.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "AKSI 22 MEI : Massa Bersorban Putih Naik Motor Menuju KPU" yang dimuat situs jakarta.bisnis.com, pada 22 Mei 2020. 

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim video rombongan FPI  bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020

penelusuran klaim video rombongan bermotor FPI saat demonstrasi 13 Oktober 2020

 

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ratusan pengendara motor mengenakan pakaian serba putih, sorban, dan peci berwarna putih mengitari Bundaran Hotel Indonesia, Rabu (22/5/2019). JIBI/Bisnis - Lalau Rahardian"

Artikel jakarta.bisnis.com menyebutkan, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dipenuhi ratusan pengendara motor yang mengenakan pakaian serba putih, sorban, dan peci berwarna putih yang bergerak menuju gedung KPU, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, ratusan massa itu tiba di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, pukul 10.04 WIB. Mereka terlihat beberapa kali memutari Bundaran HI sebelum menepikan kendaraan di sisi barat Bundaran HI.

Massa yang datang terlihat seragam mengenakan pakaian serba putih, sorban hijau, dan peci putih. Tak jarang massa meneriakkan takbir dan nyanyian-nyanyian salawat. Setelah memarkirkan kendaraan, para demonstran langsung berkumpul dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Rencananya pada 22 Mei ini akan ada demonstrasi di sejumlah titik di DKI Jakarta.Kawasan yang akan menjadi tujuan massa untuk berdemonstrasi adalah Kantor Bawaslu RI dan KPU RI. Aksi massa sudah berlangsung sejak Selasas (21/5/2019) di depan gedung Bawaslu.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim video rombongan FPI  bermotor saat demonstrasi 13 Oktober 2020 tidak benar.

Video tersebut beredar sebelum 13 Oktober 2020, peristiwa yang terjadi dalam video tersebut adalah ratusan pengendara motor yang mengenakan pakaian serba putih, sorban, dan peci berwarna putih yang bergerak menuju gedung KPU, Rabu (22/5/2019).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.