Sukses

Cek Fakta: Foto Hoaks Jokowi Bertemu Orang-Orangan Sawah Muncul Lagi

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan orang-orangan sawah.

Klaim foto Jokowi yang sedang bertemu dengan dengan orang-orangan sawah diunggah akun Facebook Budi Reel, pada 10 Oktober 2020. Unggahan tersebut berupa foto Jokowi sedang di sawah sedang berdiri menghadap ke arah dengan orang-orangan sawah.

Kemudian foto Jokowi bersama orang-orangan sawah tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Akhirnya....mereka bertemu dan berdialog juga.. ūüôÉūüôÉ"

Benarkah klaim foto Jokowi yang sedang bertemu dengan orang-orangan sawah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang mengklaim Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah, foto tersebut sebelumnya pernah digunakan untuk klaim yang berbeda.

Untuk menelusuri kalaim foto tersebut menggunakan Yandex.

Penelusuran klaim foto Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "ŚÜúšłöÁßĎśäÄÁēĆÁöĄ‚ÄúśĽīśĽīśČďŤĹ¶‚ÄĚ" yang dimuat situs jtlw.com, pada 10 Januari 2018.

Dalam artikel tersebut terdapat foto orang-orangan sawah yangn dijadikan ilustrasi untuk mendukung tulisan yang membahas industri pertanian dalam artikel tersebut.

Foto tersebut identik dengan klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah.

 

Penelusuran klaim foto Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah

 

Penelusuran Foto Jokowi

Cek Fakta Liputan6.com melanjutkan penelusuran dengan menggunakan foto Jokowi sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Penelusuran klaim foto Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Blusukan ke Sawah, Jokowi Temui Petani Sumedang" yang dimuat situs beritasatu.com, pada 17 Maret 2016. Komposisi foto tersebut identik dengan klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah.

Penelusuran klaim foto Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah

 

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Presiden Joko Widodo (kiri) menemui sejumlah petani dan berbincang-bincang tentang hasil panen saat dalam perjalanan dari Bendungan Jatigede menuju Kota Sumedang, Jawa Barat, 17 Maret 2016. Seakan tak percaya, tapi nyata, para petani lebih banyak terdiam dan takjub ketika disapa Presiden. Baik Presiden maupun petani pun larut dalam kegembiraan."

 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kliam foto Jokowi bertemu dengan orang-orangan sawah tidak benar, foto tersebut mengalami editan  dari dua foto yang berbeda.

Foto yang sebenarnya adalah Presiden Jokowi menemui sejumlah petani dan berbincang-bincang tentang hasil panen saat dalam perjalanan dari Bendungan Jatigede menuju Kota Sumedang, Jawa Barat 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.