Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Kadrun Ingin Bikin Gurun di Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia.

Klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia tersebut diunggah akun Facebook Ijoel Tjaniago, pada 11 Oktober 2020.

Foto tersebut memperlihatkan lahan berwarna coklat bergaris dengan sedikit warna hijau.

Kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"Kadrun ingin bikin gurun di indonesia"

Benarkah klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Penelusuran mengarah pada situs pinterest.nz, dalam situs tersebut terdapat foto yang identik dengan klaim. Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Disertai dengan keterangan sebagai berikut:

"Foto: Kerusakan Hutan Kalimantan Terkini Akibat Perkebunan Sawit"

Dalam situs pinterest.nz menyertakan tautan situs mongabay.co.id yang mengarah pada artikel "Foto: Kerusakan Hutan Kalimantan Terkini Akibat Ekspansi Perkebunan Sawit" yang dimuat, pada 9 Maret 2014.

Artikel situs mongabay.co.id tersebut memuat sejumlah foto karya Lili Rambe, foto – foto ini adalah kondisi terkini kerusakan hutan di Kalimantan Tengah hingga wilayah sebagian wilayah Kalimantan Timur.

Greenpeace mencatat dari pertengahan tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2000 setidaknya 141.000 hektar hutan Kalimantan yang juga merupakan habitat orangutan telah musnah.

Hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah terdapat populasi orangutan. Berdasarkan data Population and Habitat Viability Analysis (PHVA) terdapat lebih dari 31.300 orangutan (pongo pygmaeus) yang menghuni wilayah Kalimantan Tengah. Penyebab utama musnahnya hutan – hutan ini adalah perkebunan sawit.

Salah satu foto yang dimuat dalam artikel mongabay.co.id identik dengan foto yang diklaim kadrun ingin bikin gurun di Indonesia. Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Dalam artikel mongabay.co.id, foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Habitat satwa dilindungi Indonesia kini berubah menjadi blok-blok tanam."

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia tidak benar. Foto tersebut kondisi kerusakan hutan di Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur akibat perkebunan sawit.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini