Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ma'ruf Amin Mengajak Orang Menonton Paha

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapat informasi yang mengklaim Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak orang nonton paha.

Klaim Ma'ruf Amin mengajak nonton paha tersebut diunggah akun Facebook Karma, pada Minggu 20 September 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Ma'ruf Amin: K-Pop dan Drakor Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Kenalkan Budaya RI".

Dalam unggahan tersebut juga terdapat video yang menampilkan pertujukan grup K-Pop Blackpink diselingi dengan pidato Ma'ruf Amin dengan narasi sebagai berikut:

"Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis-artis K-Pop dan gemar menonoton drama Korea, maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreatifitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenal keragaman budaya Indonesia ke luar negeri."

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ternyata ini gunanya Wapres Ulama

Jarang Ngomong .. Pas Sekali Ngomong

NGAJAK ORANG NONTON PAHAūüėā"

Benarkah Ma'ruf Amin mengajak orang menonton paha? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri Ma'ruf Amin mengajak orang menonton paha menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Ma'ruf Amin K-Pop'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kala Wapres Ma'ruf Amin Bicara soal Orang Korea hingga K-Pop" yang dimuat situs liputan6.com, pada 21 September 2020.

Artikel situs liputan6.com menyebutkan, Ma'ruf melihat hubungan Indonesia dan Korea sekarang ini memiliki daya tarik yang tinggi.

Menurut dia, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-Pop (musik pop Korea) dan K-Drama (film drama Korea) memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia untuk go international.

"Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya itu diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreatifitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri," papar dia.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Ma'ruf Amin: K-Pop dan Drama Korea Tingkatkan Kreativitas" yang dimuat situs liputan6.com, pada 21 September 2020.

Dalam artikel Liputan6.com, Ma'ruf melihat hubungan Indonesia dan Korea sekarang ini memiliki daya tarik yang tinggi. Menurutnya, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-Pop (musik pop Korea) dan K-Drama (film drama Korea) memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia untuk go international.

"Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya itu diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreatifitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,‚ÄĚ pandangnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  Ma'ruf Amin mengajak orang menonton paha tidak benar.

Ma'ruf Amin ingin anak muda Indonesia berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri di dunia internasional dengan  terinspirasi dari K-Pop dan drama Korea.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.