Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Syekh Ali Jaber Merapat ke Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com memperoleh foto yang mengklaim Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah. Foto tersebut diunggah akun Facebook Ambar Wati, pada 14 September 2020.

Dalam foto yang mengklaim Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah tersebut, menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Syekh Ali Jaber, bersama tiga orang lainnya.

Pada foto tersebut diberikan tulisan sebagai berikut:

"Dulu syekh ali jaber ini pro 212 waktu demo Ahok belakangan setelah 212 makin lemah dan Syekh ali jaber mendapat kewarganegaraan RI dia mulai berbalik arah mendukung pemerintah jadi benang merahnya ada di situ bisa jadi si pelakuk ada kaitanya dengan kardun lalu kardun lainya akan melempar kesalahan ke pemerintah".

Benarkah dalam foto tersebut Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Syekh Ali Jaber Disebut Merapat ke Jokowi Karna Foto di Rumah Haji Halim, Ini Fakta Sebenarnya" yang dimuat situs sumsel.tribunnews.com, pada 28 Desember 2018.

Artikel situs sumsel.tribunnews.com, memuat foto yang identik dengan klaim foto yang mengklaim Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah

 

 Artikel tersebut menyebut foto Syekh Ali Jaber bersama Presiden Jokowi kini menjadi bahan hoax yang disebarkan orang tak bertanggung jawab.

Dalam foto tersebut Syekh Ali Jaber berfoto bersama Presiden Jokowi, tokoh Palembang H Halim dan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Fakta sebenarnya soal foto Syekh Ali Jaber

Sabtu 24 November 2018 Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Palembang.

Agenda utama Jokowi saat itu adalah pertemuan dengan kepala Desa, pendamping Desa dan PKH untuk jaring pengaman desa.

Kemudian, calon Presiden RI nomor urut 01 itu, mengukuhkan pengurus Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Sumsel di The Sultan Conventional Center dengan peserta sekitar 2.600 orang.

Selanjutnya agenda Jokowi, melakukan silahturahmi dengan tokoh masyarakat Palembang, Kiai, habib dan kepala daerah di kediaman Kms H Abdul Halim Ali di Jalan M Isa.

Terakhir Jokowi akan menuju ke Kabupaten Banyuasin pertemuan dengan petani karet dan kelapa sawit di Sumsel, dengan topik karet dan sawit (jalan karet dan dana replanting sawit).

Saat agenda silaturahmi dengan tokoh H Halim itulah Presiden Jokowi bertemu dengan Syekh ali Jaber.

Syekh Ali Jaber sendiri memang kerap diundang oleh H Halim dalam acara-acara keagamaan.

Saat itu Syekh Ali Jaber diundang untuk tausiyah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Sumsel di kediaman Kms HA. Halim, Sabtu (24/11/2018) malam.

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri akun Instagram resmi @syekh.alijaber, akun tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Foto itu bahkan dijadikan artikel oleh sebuah website diberi judul "Syekh Ali Jaber Merapat Ke Jokowi, Alumni 212 Panas Dingin".

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah

 

 

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Sayang sekali banyak yg percaya hoax tanpa tabayyun

itu lah sebab kita ummat Islam tdk bisa maju2 Karena masih terlalu gambang di Adu dumba di Antara kita

innalillahi wainna ilaihi raji'un semoga info kami bisa menyadarkan kita supaya jangan percaya hoax"

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Syekh Ali Jaber merapat ke pemerintah tidak benar.

Syekh Ali Jaber berfoto dengan Jokowi dalam agenda silaturahmi dengan tokoh H Halim itulah Presiden Jokowi bertemu dengan Syekh ali Jaber.

Syekh Ali Jaber sendiri memang kerap diundang oleh H Halim dalam acara-acara keagamaan.

Saat itu Syekh Ali Jaber diundang untuk tausiyah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Sumsel di kediaman Kms HA. Halim, Sabtu (24/11/2018) malam.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.