Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Lingkaran Merah di Atas Tabung Elpiji Indikator Ledakan

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi yang mengklaim lingkaran berwarna merah di bagian atas tabung Elpiji merupakan indikator ledakan.

Klaim lingkaran merah di bagian atas tabung Elpiji adalah indikator ledakan diunggah akun Facebook Noldy Rendy Kambery Nrk, pada 8 Agustus 2020.

Akun tersebut mengunggah foto Elpiji dari bagian atas, kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"Sebagian Mungkin Orang Tidak Tau

"Penting!!! khususnya bagi ibu ibu yang gak bisa lepas dari urusan dapur... Selama ini saya belum tau dan baru tau sekarang kalau fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung GasMungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja.

Jika dugaan anda seperti itu jawabannya salah besar ! Lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan.

Bagaimana cara kerjanya ? Simak penjelasan berikut :

Bila pada saat anda memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor yang perlu dilakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut, jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk dilepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman, dan anda harus cepat-cepat menyelamatkan diri karena tabung dalam kondisi status berbahaya.

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang dibuat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.

Semoga Bermanfaat ūüôŹ"

Benarkah lingkaran merah di bagian atas tabung Elpiji merupakan indikator ledakan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim lingkaran merah di bagian atas tabung Elpiji merupakan indikator ledakan, dengan menghubungi pihak PT Pertamina (Persero).

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Pertamina Eko Kristiawan mengatakan, informasi lingkaran merah di bagian atas tabung Elpiji merupakan indikator ledakan tidak benar.

Lingkaran merah yang diletakan pada bagian atas tabung Elpiji merupakan ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Itu standar SNI," kata Eko saat berbincang dengan Liputan6.com.

Eko mengungkapkan, lingkaran merah pada bagian atas tabung Elpiji merupakan tanda isi tabung mudah terbakar.

"Melambangkan isi tabung adalah bahan mudah terbakar," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi yang mengklaim lingkaran merah di bagian atas tabung Elpiji merupakan indikator ledakan tidak benar.

Lingkaran merah tersebut merupakan tanda isi tabung mudah terbakar.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.