Sukses

Mitos tentang Durian dari Kolesterol hingga Meningkatkan Libido

Berikut mitos yang menghantui dibalik kenikmatan durian

Liputan6.com, Jakarta- Durian merupakan salah satu buah yang digemari oleh sebagian orang, di balik keharumannya dan rasa yang enak terdapat kandungan nutrisi yang baik pada buah dengan kulit berduri tersebut. Namun, ada juga sejumlah mitos yang mengantui kenikmatan buah tersebut.

Berikut mitos tentang durian, dilansir dari Liputan6.com:

1. Sarat dengan kolesterol

Ini merupakan pernyataan yang tidak benar karena durian tidak memiliki kadar kolesterol.

Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang justru menyehatkan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

2. Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi rasa panas

Menurut keyakinan tradisional China, manggis merupakan buah yang mampunmendinginkan, sehingga bisa mengurangi rasa panas yang disebabkan oleh durian. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini.

Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersamaan mungkin berasal dari fakta bahwa kedua buah tersebut tumbuh pada waktu yang hampir bersamaan.

3. Makan durian dan minum bir pada saat bersamaan bisa membunuh Anda

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Mungkin lebih masuk akal jika menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pada badan,  karena hati Anda harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam dua komponen tersebut, terutama jika Anda mengonsumsi keduanya secara berlebihan.

4. Makan durian dapat meningkatkan libido Anda

Rasa panas pada durian dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, tetapi hal ini tidak menjadikan buah tersebut sebagai afrodisiak. Namun, terlepas dari mitos yang terkait dengan durian, durian tetap menjadi buah yang sangat berharga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.